Road Manager

Setelah lama berselang dari posting perangkat ndustri musik yang terakhir, maka ini lanjutannya.

ROAD MANAGER

Mungkin kalo dalam struktur management bisnis, road manager ini sama dengan manager produksi. Bisa dibilang Road manager ini merupakan staft terpenting untuk seorang artis atau band dalam menggelar pertunjukan dan tour. Bagi band dan manager band, ia adalah mata, telinga, otot, dan penyelamat ketika band berada di luar kota.

Pada saat band masih baru, road manager juga berfungsi ganda sebagai manager, penata suara, penata cahaya, agen perjalanan, dan kru perjalanan. Hanya saja saat band dan artis semakin besar setiap posisi tersebut dijabat oleh orang yang berbeda.

Apa aja sih tugas-tugas dari seorang Road Manager?

Tugas-tugas Road Mnaager biasanya meliputi semua hal, sampai urusan kebersihan. Tapi biasanya mereka sendiri menetapkan batasan-batasan sendiri sesuai dengan keahlian, wewenang, kemampuan dan gaji. Tanggung jawab seorang Road Manager adalah mengantar artis dan kru dengan selamat sampai ke tempat pertunjukan dan membawa mereka kembali. Untuk pekerjaan itu ia harus menyaipakan uang tips untuk pelayan hotel, pembawa koper, atau pelayan restoran. Ia juga bertugas mengatur rombongan check-in di hotel, bandara, dan di tempat pertunjukan. Ia mengatur hotel dan penggunaan ruang ganti. Ia membangunkan artis dan yang tidak kalah penting adalah membuat dan menyusun jadwal bagi artis atau bandnya setiap hari selama tour.

Ia juga mewakili artis dan manager ketika berhubungan dengan promotor, manager produksi prmotor, kru urusan teknik, tempat penjualan karcis, staft belakang panggung, dan pihak keamanan.

Mengatur acara jumpa pers dan menangani media juga merupakan bagian tugas Road Manager. Ia juga memastikan pemesanan kamar hotel sudah diatur dengan baik. Termasuk jemputan dari bandara ke hotel, hotel ke venue, dan sebaliknya. Dia juga mengatur waktu untuk check sound dan gladi bersih.

Ketika artis sedang beristirahat di hotel setelah melakukan penerbangan panjang, road manager berada di tempat pertunjukan untuk bekerja. Ketika pertunjukan berakhir, road manager mengawasi repacking peralatan dan menulis jadwal untuk keesokan hari. Jika artis menghadapi atau menyebabkan masalah, Road Manager harus siap sedia untuk menyelesaikannya. Jika pihak prmotor membuat masalah, Road Manager harus siap bernegoisasi atau menghubngi manager di kantor atau rumahnya. Dan jika sejumlah uang harus diterima sebelum konser dimulai, Road Manager yang mengumpulkan, menyimpan, dan mengatur pengiriman ke bank dengan aman.


Masalahnya sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar road manager - sama halnya dengan manager pada umumnya, tidak banyak mengetahui beberapa hal yang menjadi tugas mereka. Artislah yang berkepentingan mencari tahu apa keahlian Road Manager dan melatihnya melakukan bidang yang kurang ia kuasai, atau menjelaskan tanggung jawab yang dapat membahayakan bisnis artis.

Sifat-sifat yang menunjang untuk seorang Artis Manager adalah teliti dan tahu cara mengatur anggaran. Ia merencanakan keseluruhan pertunjukan; artinya beberapa minggu sebelumnya ia sudah menghubungi pihak prmotor dan para pengawas tekniks di tempat pertunjukan untuk memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan teknis artis dipenuhi.

Kamu bisa memperlakukan Road Managermu sebagai mitra kerja atau tangan kanan kamu, tergantung dari gaya kepemimpinan manajemen kamu. Intinya, perlakukan Road Managermu dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar