URGENT: PENCURIAN MOBIL

Gw baru kena musibah. Mobil kantor yang gw pakai, secara teledor gw pinjamkan kepada yang gw pikir sahabat gw. Ternyata yang selama ini gw sangkal itu benar terjadi, bahwa orang itu bisa berubah.

KRONOLOGI
Tanggal 20 April hari Senin, pelaku datang ke apartemen saya dengan di jemput oleh adik saya bernama Richard jam 9 lebih sedikit. Saat itu saya sedang berada di rumah teman saya, di Taman Ratu, karena menginap dari hari sebelumnya. Setelah dia menelpon sebelumnya bahwa sudah berada di daerah Tanjung Duren, saya bergegas menjemput dia di apartemen saya dengan mobil kantor B1818AT.

Kami keluar dari apartemen sekitar jam 9.51 (keterangan ini diperkuat oleh cctv yang melihat masuk keluarnya mobil B 1818 AT). Kami menuju daerah Kota untuk makan di Pancoran. Sekitar jam 11 lewat Mikael minta untuk ditemani ke pasar batu PGC Rawa Bening, untuk mengecek harga dari batu-batu yang dibawanya. Saya sempat melihat batu-batu tersebut di simpan di saku tas pinggangnya. Setelah sampai di sana dan keliling-keliling, Mikael sempat tawar menawar batu miliknya dengan salah-satu pedagang di sana sebelum akhirnya membatalkan transaksi.

Dari PGC tersebut kami beranjak ke Cawang Dalam, tempat orang tuanya. Tapi diurungkan pelaku, karena tasnya masih tertinggal di apartemen saya, sehingga kami kembali ke daerah Tj Duren. Kami sempat berhenti di jalan Dr Susilo, Grogol untuk makan siang. Setelah dari sana ke apartemen saya untuk mengambil barang. Setelah keluar dari apartemen saya jam 15 kurang, pelaku minta diantarkan ke Muara Angke untuk makan otak-otak.

Dari Muara Angke kami beranjak ke Cawang. Di dalam perjalanan, pelaku menawarkan untuk saya beristirahat di rumah, melihat saya cukup kelelahan karena kurang tidur, dan dia membawa mobilnya untuk menaruh barang-baragnya di rumah. Dia berjanji malam itu juga akan mengembalikan mobilnya, karena dia berencana menginap di tempat saya.

Tawaran ini saya sambut baik tanpa rasa curiga sedikitpun. Dia mengantarkan saya kembali ke apartemen. Saya masih sempat minta untuk diantarkan ke Anjungan Tunai Mandiri bank BCA untuk mengambil sejumlah uang. Saya masih sempat memberikan uang kepada pelaku sebesar Rp150.000,00 untuk mengisi bensin. Saya berpesan untuk berhati-hati karena mobil tsb milik kantor.

Sampai sekarang tidak ada kabar-beritanya.

Setelah cek ke keluarganya, sudah bertahun-tahun ternyata tidak pulang.

LATAR BELAKANG HUBUNGAN DENGAN PELAKU
Pertama kali saya bertemu dengan Mikael tahun 2003 dalam sebuah hubungan kerja di PT Allianz. Dari sana beranjak pertemanan kami, walaupun sudah tidak satu pekerjaan. Keluarga dan orangtua saya kenal dengan dia, begitu juga sebaliknya. Terakhir kali bertemu 2-3 tahun yang lalu. Saat itu Mikael membuka bengkel motor di rumah orang tuanya di Cawang. Kami biasa saling meminjamkan mobil. Namun setelah dari sana, Mikael menghilang ke Jawa. Beberapa orang mengatakan dia kawin lari ke sana.

Awal bulan Maret, Mikael menelpon kalo dia berada di Surabaya selama ini dan ingin main ke Jakarta. Tanpa merasa curiga saya menyambut kedatangan dia. Sempat tertunda, sampai akhirnya kami bertemu tanggal 20 April kemarin.

IDENTITAS
Mobil yang dibawa Daihatsu Terios dengan nopol B1818AT warna silver.
Ciri-ciri mobil:
  • Mobil matic
  • Stir dan pedal racing
  • Ada parfum mobil menempel di dasbord tepat diatas spidometer
  • Ada stiker kompleks perumahan Taman Ratu dan perkantoran Kencana Niaga di kaca depan sebelah kanan
Pelaku:
Nama lengkap Mikael Kartono Embong Djaja, berusia 30 tahun.
Ciri-ciri pelaku:
  • Memakai kacamata, kumis tipis dan ada tai lalat di ujung atas bibir sebelah kanan
  • Biasa menggunakan celana pendek, kaos polo t-shirt dan sandal
  • Biasa menggunakan tas pinggang

Foto pelaku:



Ini foto yang tertangkap di kamera cctv di apartemen:






Tolong juga disebarluaskan ya di blog, atau di forum atau di milis atau setidaknya dilink ke posting ini.


NEW UPDATE!
Mobil dan Pelaku sudah ditemukan di Salatiga. Dan saat ini kasus sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Untuk ditelnya akan menyusul pad posting bersambung di blog ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih untuk teman-teman yang sudah bantu menyebarkan berita ini, baik melalui email, blog, maupun forum. Besar rasa terima kasih saya tanpa bisa membalas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih guys.

13 comments:

Yosu mengatakan...

Wah semoga cepet ketemu yud.
Turut prihatin.

Mobil gitu lho...
PSP aja gue ngamuk...
...ini mobil.

Anonim mengatakan...

meke : "wow man"
selvyna : "kayak di film2"

Yessica. mengatakan...

ANJRIT. biasanya pacar yg di"ambil paksa" eh ini.. malah mobil... bujubuset. tapi emang muke "temen" lu agak kurang bisa dipercaya..
Doaku bersamamu teman, semoga ktm.
Tar g buka mata deh sapa tau ktm ni maling di jalan.. :p

Cpt balik ya mobilnya..

Richard Nikolas Pringgodigdo mengatakan...

@selvyna : ==a, iya, you know what, gw nunggu adegan berikutnya

Ribz mengatakan...

uhh jangan2 dia bisa gendut gitu dari hasil nipu smua tuh isi perutnya...

;p

hanny mengatakan...

owwww shoot! so sorry to hear that. masih gak ada kabar sampai sekarang? :(

Anonim mengatakan...

wahhhh parah tuh 'ndut,nusuk org dari belakang bgt (ejeb..ejeb) kesel bgt nih..ko tega bgt ya gunain org yg uda bae sama kita.Tp kl uda masalah uang emang susah bs buat org jadi buta. Sabar ya Yud..mudah"an tuh org bs sadar jg..sebarin di FB jg kali ya.. ciayo ciayo-wilen

Priscilla Mulianto mengatakan...

OMG, Joe.. turut prihatin yah.. mudah2an tuh pelaku tobat atau apalah namanya...
eling uey eling.. moso temen jg diembat c.. kaliwatan tuh ...

joh juda mengatakan...

Untuk yg pertama kalinya gw comment di posting ini...

@Yosu
Tq bro. Iya, makanya jangan sembarangan pinjemin PSPmu.

@Selvy
Err.. sebenarnya gw mau jayus, cuma kalo dibaca, nanti disangkanya gw bercanda lagi kehilangan mobil

@Yess
Entah temen gw yang gak bisa dipercaya atau gw yg terlalu baik... entahlah

@RNP
BELAJAAARRR...!!!!

@Ribz
Kalo memang demikian, gw orang yg pertama akan ngempesin perutnya jika ketemu...

@Hanny
Belum ada kabar, Han.... Pengen nangis nih, kiamat gw di bui...

@Anonim
Walopun gak ada nama, gw tetap bertrima-kasih untuk comment dan simpatimu. Iya, setiap orang ada harganya... and u know what? Gw masih sempat ngasih 150ribu buat isi bensin sebelum berpisah. crab!

@Prisila
Gw jadi berpikir ulang, sepertinya lebih baik kehilangan pacar dari pada kehilangan mobil (kantor), setidaknya kehilangan pacar tidak membuat sso terancam masuk bui atau kehilangan ratusan juta...

Anonim mengatakan...

bro, ikut bantu sebar luas

http://www.bengkelmusik.com/forum/bm-f58/urgent-kehilangan-mobil-daihatsu-terios-silver-b1818at-t7109/newpost.php

semoga cepet tuntas masalahnya

untitled mengatakan...

semoga cepat ketemu dan selesai masalahnya dengan baik.
Izin ngunduh foto dan nge-link kesini ya :)

Anonim mengatakan...

Yud ,.. ini Abang michael Tuba (yang pasti bukan si pencuri gembrot itu) ,.. kok telp kamu ga aktif ?? abang coba hubungi,.. abang baru tau berita ini dari papa di kalimantan ,.. ok kabarin abang yah ... abang turut prihatin atas apa yang menimpa kamu... GBU

AnTYoX mengatakan...

DPO: Mikael Kartono Embong Jaya
Di sebuah kantor di Kota Bandung baru saja kejadian, ada seorang sales namanya Mikael Kartono Embong Jaya. Ketika masuk dia ngakunya anak lulusan Atmajaya Jakarta angkatan 98, tetapi belakangan diketahui dia tidak lulus disana. Sebagai sales di kantor dia mendapat fasilitas mobil dan laptop kantor. Mikael ini tidak konsen dalam pekerjaannya karena lebih banyak cari proyek sampingan di luar pekerjaannya. Ketika dia ada proyek, dia sub ke kontraktor, pabrik bayar ke dia dan dari dia bayar ke kontraktor setelah dimark up harganya.
Akan tetapi begitu dapat uang dari pabrik, dia bawa kabur uangnya pabrik sama bawa kabur mobil kantor, laptop dan ga bayar utang cashbon kantor. Uang kontraktor yg dia pegang itu hampir 600jt dari bbrp kontraktor yg diketahui oleh kantor tempatnya bekerja berhubungan dengannya.
Suatu hari, dia kirim email ke atasannya dan semua pegawai kantor bahwa dia minta ijin tidak masuk kantor. Setelah 3 minggu tidak ada kabar, ditelpon tidak nyambung dan keluarganya juga ditelepon tidak bisa. Akhirnya gps mobil kantor yang dia bawa dilacak.
Melalui GPS, mobil ditemukan di rest area tambun km 19 arah ke bandung. Mikael tidak ada bersama mobilnya. Kemudian hari itu juga beberapa pegawai kantor bersama kontraktor yang kena tipu mencari rumahnya dan ternyata kosong, dia pindah kontrakan, kemudian melalui history GPS mobilnya dicari lagi di rumah kontrakannya yg terakhir dan ternyata kosong baru pindah seminggu yang lalu.
Akhirnya berita semakin luas dan dari situ muncul kasus2 lamanya dia (google ketik : mikael kartono) ternyata orangnya memang bermasalah, ada 2 kasus sebelumnya di beberapa blog mengenai penggelapan mobil oleh mikael kartono.
Belakangan diketahui ada saudara jauhnya di bandung, tetapi dia tidak tahu dimana mikael dan keluarganya kabur. Apabila ada yang menemukannya atau melihatnya harap hati2 dan dapat bantu beritahu melalui saya. Hati2 terhadap orang seperti ini.
Info tambahan, istrinya orang salatiga, dulu tinggal di daerah sekitar jl pemotongan. Anaknya ada 3 paling tua saat ini (feb 2015) kira-kira usia 6-7 tahun. Saat ini Mikael kira2 berusia 35-37 tahun. mohon bantuannya apabila ada yang menemukan

Posting Komentar