'Shaken, not stirred'

Jumat kemarin gw mendapatkan buah tangan dari teman yang keluar negri. Ok sebenarnya bukan buah tangan, karena gw memang nitip.

Sebelum dia berangkat ke luar negri, dia sempat tanya mau nitip apa. Awalnya gw bingung. Pastinya sih mau nitip buku, cuma buku seperti apa? Soalnya belakangan waktu menjadi terlalu sedikit, bahkan untuk sekedar main Total War, makan sushi Naga, nongkrong di Starbucks, dan lain sebagainya. Itu semua bukti kepadatan gw dan bukan kesenggangan gw, ok.

Selain itu juga memang masih banyak buku yang belum gw selesaikan membacanya. Akhirnya ditengah kebingungan, gw milih nitip Absolute sama beer aja. Alasannya, gw susah bangat nyari Absolute di Jakarta. Sekalinya ada, harganya wujubile mahalnya.

Tepat Jumat kemarin barang titipan gw tiba di Indonesia dengan selamat hohoho. Langsung gw samperin rumah temen gw buat ngambil nih barang. Ternyata selain Absolute dan Corona Extra, gw dapat bonus satu botol Stolichnaya! Hohoho alamat mabok vodka nih gw. Eh gw lupa, pembaca blog gw bukan clubber. Jadi Absolute dan Stolichnaya itu nama merek vodka, bukan merek rokok apa lagi judul buku. Dan vodka adalah air putihnya orang Rusia.



Sebenarnya gw agak kecewa dengan Corona Extranya. Gw kecewa kenapa temen gw belinya yang itu?! Pertama, gw sudah pernah minum beer ini. Kedua, beer asal Meksiko ini rasanya seperti air sabun diberi pemanis. Ketiga, DAN GW GAK SUKA MINUM AIR SABUN!

Gw heran kenapa orang Meksiko bisa tahan dengan beer seperti ini. Tapi namanya oleh-oleh, jadi tetap harus ngomong trima kasih, 'trima kasih, sudah buat gw keracunan sabun mandi, kawan'

Gw janji ke temen gw ini, gw akan buatkan cocktail kalo doi bawakan vodka buat gw, I kept my promise, I made it. Hanya masalahnya gw belum pernah berkesempatan menggunakan Stolichnaya untuk buat cocktail, jadi gw gak tau gimana karakter aslinya.

Stolichnaya
700ml Stolichnaya sekitar USD78, lebih mahal dibandingkan Absolute yang 'cuma' USD36. Ini vodka kebanggaannya Berlin dan gw jarang bangat menemukannya diracik dalam cocktail. Kebanyakan diminum langsung, cmiiw. Sebenarnya enak sih diminum langsung, tapi saat itu gw bawa mobil dan nyetir sendiri, jadi gw harus memastikan sampai di rumah dengan selamat. Aromanya mirip seperti alcohol 70%, dengan rasa yang lembut.

Ah gila, gw suka nih vodka. Belum genap seminggu, Stolichnaya gw tersisa gak lebih dari 1/4 botol. Kentang. Yang pasti sih bukan karena gw haus.

Ok, diakhir posting, gw ingin berbagi beberapa resep cocktail ala Joe's House.

Jungle Juice
Gw demen bangat jungle jus, soalnya mudah. Pertama kali gw belajar buat sewaktu di Bali. Jungle Juice dihidangkan di dalam gelas 800ml, campurannya 1-2slot sirop buah (banyaknya tergantuk selera, suka manis atau tidak), satu scop ice dan 650ml Absolute, kemudia dicampur dengan cara dituang ke wadah lain. Lebih nikmat jika ada perasan lemon atau dengan potongan buah. Biasanya Jungle Juice di minum menggunakan hanya satu sloki dan digilir. Makanya ini biasanya diminum saat hang out bareng teman dekat sebagai tanda keakraban.

Black Russian
Berbeda dengan Jungle Juice, ini dihidangkan pergelas, biasanya menggunakan Old-fashioned glass (gelas pendek). Buatnya gampang bangat. Tuangkan 1 3/4 oz (1oz itu sekitar 28gram) Absolute ke dalam gelas yang sudah diberi es batu, lalu 3/4 oz Khalua (minuman beralkohol beraroma kopi), kemudian aduk.

Appletini (Apple Martini)
Kalo yg ini dihidangkan di gelas cocktail (gelas tinggi mirip gelas wine, hanya saja wadahnya kerucut). Persiapan, dinginkan gelas, dengan cara masukan es secukupnya ke dalam gelas dan beri air. Masukan 65gram vodka ditambah dengan 28gram green apple schnapps ke dalam shaker. Kalo suka bisa tambahkan Granny Smith yang rasa apel. Kocok seperlunya (terus terang gw gak gitu suka vodka atau martini yang dikocok). Buang es dan air di dalam gelas dan tuang Apple Martini ke dalam gelas. Sebagai tambahan, kamu bisa sapukan potongan lemon di bibir gelas.

Pasti setelah ini kamu bertanya-tanya, bagaimana cara membuat minuma favorit James Bond, Dry Martini?

Persiapannya sama, dinginkan gelas cocktail dengan es dan air. Masukan 1oz gin (vodka juga bisa, tapi jarang) ke shaker, 'Shaken, not stirred' bersama es. Tuangkan Dry Vermouth secukupnya ke dalam gelas cocktail yang sudah dikosongkan tentunya, lalu menyusul Gin yang sudah selesai dikocok. Masukan satu green olive. Ow iya, kamu bisa nambahin garam pada bibir gelas. Voila.


Update: di apartemen gw baru masuk tv kabel (sedih bener, hampir dua tahun berdiri baru sekarang masuk tv kabel). Gw sudah lama gak nonton channel luar semenjak pindah dari kost Alpukat. Gw kangen nonton Animax, gw juga bisa nonton Gosip Girl, Dorama Korea -- lo boleh ketawa karena cowo seseram gw sukanya nonton film cartoon dan drama seri, pake nangis lagi. Dan ini artinya berpotensi memperburuk insomnia gw. Crab...





Powered by XL BlackBerry® smartphone

4 comments:

Anonim mengatakan...

klo mau makan sushi, tungguin gue lah.. tapi nanti jangan sushi naga lagi..

Ribz mengatakan...

pertama kali g coba wine coz disuguhin di rumah lina...dan cukup seteguk itu ajah tuh minuman g ijinkan masuk dalam tubuh g...ga akan ada kesempatan ke2...

huhhhh minuman macam apa ituh ;p

Yosu mengatakan...

Suka minum gitu juga yah.
SAMA DONG.
Kalo gue sukanya Green Sand...

joh juda mengatakan...

Selvy
Memang mau di mana lagi? Ah lebih enak di Spore lah sushinya hehe

Btw gak nyambung deh commentnya dengan topik posting gw --'

Ribz
Ini bukan wine kok! Bener deh!

Yosu
Hm gw lebih milih minum sabun manis deh dari pada minum pasir hijau... beneren!

Posting Komentar