fotoWorkshop Paling Seru!

Tanggal 15 Juni saya mendapat kesempatan untuk berbagi mengenai smartphone-photography, khususnya yang menggunakan OS Android. Namun yang membuat hari tsb lebih istimewa dari workshop saya yang lainnya, karena ada dua workshop di dua kota yang berbeda dan venue yang istimewa.

Kesempatan pertama hari itu saya berbagi di Sampoerna Academy (SA), yang berlokasi di Wisma Kinasih Bogor. Saya bersama teman-teman Fotodroids berangkat dari Jakarta pukul 7.00. Perjalanan ditempuh dengan waktu 1.5 jam saja.


Awalnya workshop dibagi menjadi 7 kelas, namun karena keterbatasan waktu, karena saya harus buru-buru kembali ke Jakarta sebelum jadwal Workshop saya yang ke dua, maka kelas digabung menjadi satu, dengan total peserta 350 anak, yang terdiri dari kelas 1 dan 2 SMU.

Teman-teman dari Fotodroids sempat bingung karena adik-adik dari SA masuk ruangan bukan mambawa kamera, melainkan membawa kertas dan pensil. Namun workshop berjalan dengan baik, dan mereka sangat antusias. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan, juga comments yang hadir di twitter @fotodroids.

Sehabis Workshop tsb, dilanjutkan dengan fotoWalk, atau hunting foto. Dibagi menjadi sembilan kelompok dan dipandu oleh teman-teman dari Fotodroids. Rute yang diambil ada dalam kawasan wisma Kinasih. Banyak terdapat pepohonan yang tinggi, juga bunga dan tumbuhan lain. Di sini pun teman-teman dari SA terlihat sangat antusias untuk berburu foto dan menerapkan apa yang sudah mereka dapat saat workshop. Juga dari teman-teman Fotodroids, mereka sempat kewalahan mendapatkan serbuan pertanyaan dari adik-adik mereka di Sampoerna Academy. Tapi bukannya kapok, teman-teman Fotodroids justru senang dan antusias melihat adik-adik mereka semangat untuk mengenal mobile-photography ini.

Acara ditutup dengan makan siang bersama dan mereview beberapa foto karya adik-adik kita di SA.

Persis setengah dua siang, kami kembali ke Jakarta. Seperti yang sudah bisa diduga, perjalanan kembali ke Jakarta menempuh waktu lebih lama dikarenakan kemacetan di saat weekend.

Jam 16 saya tiba persisi di tol dalam kota, namun kemacetan luar biasa sudah menanti. Padahal workshop saya berikutnya jam 17 di main stage ICS (Indonesia Celular Show) 2013 yang bertempat di JCC. Beruntung saya tiba persis jam 17 di venue ICS, dan untungnya juga waktu bicara saya diundur hingga jam18.00. Jadi saya masih sempat untuk ganti baju dan bersih-bersih, jadi bisa terlihat lebih ganteng kan :D

Awalnya saya sempat sedikit grogi karena kebanyakan pendengar saya adalah orang tua, jauh bersebrangan dengan audience saya tadi pagi. Namun dengan antusiasnya mereka mendengarkan, saya pun kembali tenang.

Lucunya sewaktu sesi pertanyaan dibuka, banyak sekali yang ingin bertanya, padahal MC hanya membuka untuk tiga orang penanya. Sampai ada seorang ibu yang berebut dan ada juga yang marah-marah di twitter karena pertanyaannya dibatasi hehehe...

Dua workshop ini pengalaman seru banget. Pertama kalinya saya workshop di tempat yang luas dengan audience yang banyak. Namun ini pengalaman yang menarik. Trima kasih ya bagi teman-teman yang sudah hadir :)

0 comments:

Posting Komentar