Malam Natal

Tanggql 24 Dsember
Aku tidak merasakan ada yg istimewa malam ini; sama seperti malam-malam lainnya. Apa yg seharusnya istimewa malam ini, atau besok? Apa yg membedakannya dengan malam-malam lainnya?

Beberapa saat lalu aku sempat menonton 'Polar Express', film animasi yg saya tonton tahun lalu. Satu hal yg aku dapat dari film tsb yaitu, 'hal baik selalu menemukan jalan dan tidak pernah gagal'.

Hal baik.
Mungkin ini yg membedakan hari ini dengan hari-hari lainnya? Apakah hanya hari ini kita bisa melihat dan merasakan 'hal baik'?

Disaat bersama dengan aku menulis ini, aku lihat sebuah film Natal di sctv. Aku tidak tahu judulnya karena aku juga baru mengikuti di pertengahan cerita. Kurang lebih ceritanya mengenai seo penerus Santa yg ragu mengambil anggung jawab tsb, karena selain ragu dia juga merupakan seo wanita negro yg jauh dari gambaran natal (rasanya anda mulai tahu filmnya).

Aku rasa karena Natal dimulai dengan pemberian terbesar bagi manusia, yaitu Yesus, maka cerita tsb memilik seo wanita negro untuk menjadi penerus santa. Sant sebelumnya berkata, "...kamu tidak hanya melihat semangat natal (damai dan sukacita Natal) dalam diri santa berjanggut putih, karena santa bisa bermata besar, atau muncul dengan warna kulit hitam, atau mungkin malah dengan tubuh seo wanita...". Santa bisa siapa saja yg memiliki kebaikan hati untuk di bagikan kepada orang lain. Karena orang tsb akan dibilang anak-anak terang, seorang santa (orang kudus, pembawa damai).

Mungkin inilah seharusnya yg membedakannya dengan hari-hari lainnya, yaitu kebaikan hati. Kebaikan hati yg menembus warna kulit, status sosial, etnis, agama dan budaya. Kebaikan hati yg seharusnya bisa dirasakan sesamanya manusia. Namun malam ini, hari ini tidak akan ada gunanya jika kebaikan itu hanya menjadi tradisi sehari, karena sebenarnya kebaikan hati harus terpancar senantiasa setiap hari, setiap waktu.

Selamat Hari Natal Kawan

0 comments:

Posting Komentar