Spaghetti 'Ulangtahun' Bolognese

Setelah selesai nyiapin beberapa project buat nanti malam dan besok - ok sebenarnya belum benar-benar selesai cuma kangen ngeblog absrud, gw pengen posting post yang sudah lama pengen gw nulis, yaitu masa spaghetti Ulangtahun!

Kalo di beberapa tradisi biasanya ulangtahun atau tahun baru itu masa mi goreng (katanya biar umur panjang dan masalah banyak), maka dikeluarga gw tradisinya masak spaghetti. Gw gak tahu pastinya sejak kapan tradisi itu berawal, tapi seingat gw semenjak gw jualan spaghetti di bazar SMU gw dulu. Mungkin karena pujian dari Errick (gw sampai hafal gitu namanya?!) bilang bahwa spaghetti nyokap gw lebih enak dari spaghetti Pizza Hut, makanya keluarga gw getol bikin spaghetti tiap ngumpul. Yang kami gak tau ternyata Errick gak pernah makan spaghetti di Pizza Hut *long sigh*.

Ok, bahan-bahan apa aja yang perlu disiapkan untuk membuat Spaghetti Ulangtahun ala Joe?

Pertama, pastikan siapa dulu yang ulang tahun. Kalo gak ada yang ulangtahun gak relevan dong bikin Spaghetti Ulangtahun.

Kedua, yang gak kalah penting siapkan spaghetti keringnya. Ini gak bisa ditawar. Soalnya kalo spaghettinya digantikan dengan fetucini atau makaroni, jadinya bukan Spaghetti Ulangtahun jg - gak relevan dengan judul. Beli 750gram.

Ketiga, Beli daging sapi giling. Kalo gak salah 1ons itu IDR7000, belinya IDR10.000 aja. Ow iya, ini gw masak untuk 4-5 orang ya. Lebih dan kurangnya ditakar aja pake ilmu perbandingan> masih ingat kan rumusnya? Syaratnya angka-angka dalam perbandingan tidak boleh ada pecahan!

keempat, Beli smoked sosis. Kalo yg ini setahu gw gak bisa beli batangan, jadi beli satu bungukus, nanti ambil secukupnya.

Untuk bumbu dan saos:
  • Pasta tomat 7-8 buah ukuran sedang, itu kalo kalian mau repot. Kalo gw sih pake pasta tomat 4sdm dan saos tomat 10sdm.
  • Satu buah bawang bombai, cincang. Saran gw, motongnya jauh-jauh kalo gak mau nangis bombai. Soalnya gw butuh tiga kali bolak-balik ke WC nyeka air mata untuk bisa nyincang satu bawang bombai
  • 5 buah tomat ukuran sedang
  • 4 batang peterseli, cincang; 1/2 sdt oregano dan 1/2 sdt basil - gw gak tahu di mana kalian bisa beli ini, tapi yang pasti di pasar kopro gak ada. Gw sudah pernah tanya kok.
  • keju parmesan
  • butter
  • olive oil / minyak goreng
  • bumbu penyedap: garam secukupnya, lada hitam sebanyaknya

Cara Memasak:
  1. Rebus spaghetti di dalam air mendidih, taburi garam secukupnya. Tiriskan. Campur dengan 2sdt olive oil atau minyak goreng.

  2. Goreng bawang bombai dengan olive oil dan butter (3sdt), tunggu sampai harum. Setelah itu masukan daging giling, masak sampai berubah warna. Setelah agak kecoklatan, masukan sosi yang sudah dipotong-potong (eh ada sake sisa dari Jepang, masukan aja sekalian). Masukkan garam, lada, oregano, basil. Aduk sebentar, lalu masukkan saus tomat, pasta tomat, dan tomat yang sudah dipotong kotak-kotak kecil. Aduk dan masak terus di atas api kecil hingga mengental.
  3. Tuang saos di atas spaghetti plus parutan parmesan.


Sori kalo penyajiannya berantakan, itu menunjukan eksistensi gw sebagai cowo


Kalo masih terlalu sulit, saran gw pesan aja spaghettinya di pizza hut.

6 comments:

Dea Amelia mengatakan...

wah hebat bgt yaa..

gw aja yg cewek jarang masak.. hehe..

paling bikin jagung serut..

sipsip..

joh juda mengatakan...

Gak bisa kali, bukannya jarang :p

Btw salam kenal sis.

Ilmi Aji mengatakan...

mmmm....kayanya enak nih. nanti dicoba ah resepnya

joh juda mengatakan...

@IlmiAji
ah terharu ada yang [s]nekat[/s] nyobain resep gw. Thanks eniwei.

Anonim mengatakan...

wah, hebat yud..lu bikin sphageti bnr2 pake bahan2 asli...haha, klo gua mah tinggal beli saos spageti instant, merk del monte ato prego, udah deh, hahaha -sielly mochi-

joh juda mengatakan...

@Sielly: nantikan masakan gw yg lain hoho...

Posting Komentar