Dari SOC Sampai Rasionalisasi

Kenapa sih gw ngotot ke Jakarta? (baca_dulu_yg_ini) Tentu bukan karena demi tiket 400ribu itu dong?

Yup, lu benar. Gak mungkin demi tiket 400ribu itu. Tapi demi tiket PP 800ribu yg non retur. Gw ke Jakarta yang cuma seminggu itu karena sahabat gw dari SMP bakalan merit Sabtunya (11 Desember 2010).

Seperti pernah gw singgung kalo saat SMP-SMU dulu gw punya band, namanya SOC. Selama 4 tahun ngeband sama sekali belum pernah ciptain lagu *sigh* Sekalinya rekaman 'cuma' buat b'day gift salah-satu personilnya. Itu pun rekamannya live alakadarnya (sama sekali gak layak masuk dapur rekaman.



Awalnya personil cuma enam orang: gw, Sonny, Nico, Yosua, Mega, Tina dan Farika. Maaf, tujuh orang ding. Band terbentuk sekedar ngisi pensi perpisahan anak kelas tiga yg notabene kita-kita juga sih. Beranjak di SMU personilnya nambah jadi delapan orang dengan masuknya Piktor.

Tapi dengan berjalannya waktu akhirnya personil sisa gw, Yosua Mesiano, Sony Surbakti, Mega Tarigan, Farika Rusli dan Tri Asih Dewi Agustina. Dari sini sebenarnya bisa dibilang mereka itu sahabat-sahabat gw sampai sekarang; seenggaknya gw merasa demikian. Gak tahu deh mereka gitu jg gak.

Nah dari keenam personil tsb, Tri Asih Dewi, atau yang akrab dipanggil Tina ini yang melangksungkan pesta pernikahannya tanggal 11 Desember 2010. Dengan demikian dia jadi wanita terakhir yang menikah diantara personil SOC dan cuma pernikahan dia doang yang gw datang.

Personil wanita SOC yang menikah pertama kali Farika Rusli. Dia menikah di Missouri dengan cowoknya orang Amerika keturunan Filipina (sori ya, tim Garuda lebih ungguh dari tim anda). Gw dapat undangan, sayang gak disertakan tiket ke US. Alhasil gw gak bisa datang.

Personil ke dua yang menyusul menikah Agustus ini adalah Mega Natangsa Tarigan. Gw jg gak datang. Kenapa? Soalnya gak diundang. Bisa dimaklumi, mungkin goyah kali imannya kalo ditengah pemberkatan lihat gw yang tampan ini. Mohon ditahan muntahnya, gw lagi gak sedia baskom.

Berbeda dengan wanitanya, para cowok di personil SOC justru belum ada yang merit. Boro-boro menikah, pacaran aja gak ada yang awet. Dua personil cowoknya bernasib sama yang disebabkan dua pernikahan yang berbeda. Oops gw harus nulis diam-diam kalo gak mau dibakar hidup-hidup sama mereka berdua.

Alasannya kenapa?

Ok, kita mulai dari yang pertama kali patah hati. Namanya Yosua Mesiano. Tinggi 169cm (LEBIH PENDEK dari gw 1cm), berpenampilan menarik dan supel. Pekerjaan chef di salah-satu hotel berbintang di bundaran HI, namanya Mandarin Oriental yg walaupun gak boleh disebutkan nama hotelnya. Kamu mau lihat dia? sori aja dia gak bakal lu temukan di restonya. Lu harus naik ke lantai 26, alias Executive Member. Gw gak tahu itu bener apa enggak, setidaknya itu alasan dia menolak jika gw ngebet pengen lihat dia masak alih-alih makan gratis.

Tunggu dulu. Kalo pekerjaan doi belum bikin para cewe terpesona, simak yang satu ini. Yosua pinter nyanyi dan main gitar, gak cuma itu, doi juga sedang merintis band pop rock yang diperkirakan tahun depan akan melejit jadi band nomor satu di kancah permusikan Indonesia!

Gw gak tahu pasti kenapa dia belum punya pacar sama-sekali; suer deh, satu pun gak ada! Gw rasa sih karena dia pemalu malu-maluin kalo didepan cewek. Cuma dia selalu menolak dengan berujar, "belum ada yg nge'klick', yud". Ok, gw gak tahu sejauh mana perkataan dia dapat dibuktikan secara empiris, tapi buat kalian para wanita, buruan kenalan sama dia sebelum doi jadi artis!

Pria nomor dua yang baru aja patah hati ini adalah Sony Surbakti. Orang batak tulen; dari tampang, suara, logat, sama berat badan - pokoknya batak banget. Tapi tunggu kalo sudah ngomong sama dia, sumpah lu cupu banget, Son!

Tinggi, gw gak tahu deh. tapi yg pasti badannya besar pisan. Pekerjaan jualan Ozon. Suer! Gw juga gak tahu gimana jualannya, mungkin kira-kira kayak gini;

"Harga ozon? Kebetulan kita sekarang lagi ada promo nih, pak. Bapak beli Ozon dapat balon udara. Buat apa? Ya buat ngecek ozonnya lah! KW? Kita gak ada main barang KW, semuanya orisinil. Asli pak. Dijamin uang kembali!"

yang pasti sih sounds cool! Customernya para pelaku industri yang mengotori langit kita.

Gw gak tahu pasti kenapa si Soni masih ngejomblo dengan tampang kayak gorila. Errr.... ok kayaknya itu memang wajar ya. Bukan. Bukan gw ngatain teman, justru gw baru aja mau muji bahwa sebenarnya kalian akan baik-baik saja jika berada di dekat dia dia orang yang baik kok dan juga ramah terlebih supel. Sayang orangnya terlalu naif (oops, sori, Son).

Sebenarnya mereka sebelumnya sudah punya gebetan masing-masing tapi gak berani ngajak merit. Yang satu merasa belum mapan yang lain suruh nunggu gebetannya. Nunggu sampe kapan? Gak tahu juga sih, ya lu tunggu aja deh pokoknya. Setahun kemudian ceweknya merit. Sama orang lain.

Kenapa gak diajak merit aja sih?

Gak ada duit.

Pake cinta lah!

Makan tuh cinta!!

Menurut kamu mana yang paling rasional menikah pake cinta atau pake duit?

Kalo kamu masih ABG pasti kamu akan menjawab pake cinta. Kalo kamu remaja tanggung yang sudah bekerja pasti jawabn rasionalnya adalah duit. Tapi kalo kamu hidup cukup lama untuk mengetahui bahwa gak semua pernikahan berjalan indah, dan cukup lama untuk mengejar duit sampai duit itu kehilangan maknanya, maka jawaban yang rasional adalah menikah pake cinta.

Gw belum hidup terlalu lama; baru aja seperempat abad lebih dua tahun, dan gw belum sekaya itu sampai kehilangan makna duit, tapi gw lah yang menjawab 'menikah itu pake cinta'. Dan saat ini gw orang yg sangat rasional. Sangkin rasionalnya kadang omongan gw gak pake perasaan.

Gw gak akan ngomong sama anak ABG karena gw yakin - seyakin-yakinnya pembaca blog gw gak ada yang ABG. Gw akan bicara sama kamu, remaja tanggung yang mengira bahwa kamu cukup rasional.

Coba bayangkan seseorang yang akan kamu pilih untuk menghabiskan sepanjang sisa usia kamu. Artinya kalo kamu hidup -/+ 70 tahun (rata-rata hidup manusia) dan kamu berusia sama dengan gw, artinya masih ada satu kali masa hidup kamu saat ini (27 tahun.red) plus 16 tahun lagi yang harus kamu jalani. Gw aja hidup 27 tahun sudah merasa tua dan lama banget. Dan kalo gw menikah saat ini artinya ada 15,700-an hari yg akan gw habiskan bersama wanita itu. Artinya LUAMAAAAA BANGEETTT...!!!

Pastinya harus orang yg sangat-sangat istimewa yg pilih untuk menghabiskan bilagan hari gw bersama dia. Pastinya itu adalah seseorang yang sudah teruji oleh waktu dan konflik. Kasarnya, gw rela deh lakukan apa saja asal 'dipenjara' bersama dengan orang yg tepat selama 43 tahun.

JADI.... kalo kamu akan habiskan sisa hidup kamu sama seseorang yg teramat istimewa dan kendalanya hanya karena gak ada duit untuk menikah, itu pilihan rasional gak?


Gw rasa gak akan ada duit yg bisa gantikan 15,700 hari lu bersama pasangan yg salah. Kalo gw menemukan orang yang tepat dan gak ada duit untuk menikah, fuck the money! Gw akan tetap melamar dia. Mungkin gw akan fundraising buat cari dana merit, atau KTA di bank, atau mungkin bikin pesta setelah merit dan punya duit. Yang pasti gw gak akan lepaskan wanita yg gw cintai.

Dan pilihan rasional saat kamu tidak menemukan wanita yg tepat adalah menunda pernikahan selama mungkin, dengan harapan kalau pun kamu salah pilih pasangan, kamu gak akan berlama-lama bersama dia dalam satu kerangkeng.

0 comments:

Posting Komentar