Tips bagi insomania

Beranjak dari pengalaman saya yg susah tidur, atau bahasa ilmiahnya pteropus celaemicus insomnia, maka saya menulis tips bagi para insomania, baik yg senior, maupun yg baru ingin bergabung.

Tips pertama: jangan panik.
Perlu diketahui sebelumnya bahwa insomnia itu bukan penyimpangan, apa lagi penyakit yg perlu diresahkan. Insomnia hanya sebuah daya untuk tidak tidur di saat orang lain nyenyak di ranjang. Dan bagi orang yg iri dengan kemampuan tersebut mereka menyebutnya insomnia. Bahka saya pernah tau seoran pria di Pakista, dengan kemampuan istimewa ini, pernah sama sekali tidak tidur selama lima tahun. Sekarang? Hm sepertinya sudah mati. Sayang, padahal dia punya kemampuan yg luar biasa.

Tips kedua: makan yg banyak.
Bukan. Ini bukan pesan seponsor KFC. Seperti halnya sebuah benda mekanik, maka tubuh manusia pun membutuhkan istirahat. Saat kita tertidur, tubuh kita mematikan fungsi-fungsi keseharian kita dan menggunakan energi yg minim sekali untuk fungsi organ vital kita, seperti respirasi dan oksigen pada otak. Nah, saat kantor tutup, tapi fungsi kantor masih berjalan, maka kamu perlu menyediakan cemilan ekstra. Hm sepertinya contoh gw absrud. Ok, gak usah pake contoh. Saat tubuh seharusnya beristirahat, tapi ternyata malah gak istirahat, maka tubuh dengan reaktifnya mencari pasokan energi untuk nalangin permintaan daya.

Energi yang biasa diambil adalah glikemik. Sayangnya saat malam, glikemik dalam tubuh kita sedikit, sehingga tubuh mengambilnya dari asam laktat dalam lemak tubuh. Dengan menggunakan oksigen sebagai bahan bakarnya, menghasilkan limbah buang CO2 yang banyak dalam darah. Kelebihannya: energi yg didapat cepat dan menyeluruh. Kelemahannya: karena limbah buangnya ini, sifatnya tidak tahan lama, apa lagi permanen, dan jg tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Makanya kenapa setelah kita bergadang atau lembur kerja, bisa tidur lebih lama dari biasanya, atau lelah berkepanjangan.

Selain dari oksigen, tubuh kita jg mengambil energi dari cadangan makanan yg disimpan dalam otot, asam amino. Asam amino adalah salah satu bentuk rantai protein. Sehingga saat tubuhmu mengambil lemak sebagai sumber energi saat bergadang, maka percayalah, tubuhmu sudah mengambilnya juga dari otot. Hebat, kalo ada yg baca ini dg serius, soalnya gw seperti perawan sedang bercinta kalo soal kimia, bego!

Saran gw, pilih makanan karbohidrat sederhana (memiliki rantai kimia yg pendek), seperti sukrosa. Apa itu sukrosa? Yup, kamu bukan orang pertama yg mengira ini sebuah produk kacang telur, karena penulis pun awalnya mengira demikian. Sukrosa itu gula pasir.

Balik soal makan, jadi kalo habis ini kamu menemukan asisten ibumu (baca: pembokat) sedang menghabiskan isi kulkasmu tengah malam, gw bisa pastikan dia bukan mencuri makananmu, melainkan dia memiliki keistimewaan yg sama denganmu. Saran gw, tidak ada salahnya menghabiskan isi kulkasnya berdua, itu membantu menghemat waktu.

Tips ketiga: tetap produktif!
Ok, gw tau setelah membaca tips gw di atas, kamu mulai meragukan tulisan ini serius. Jadi gw akan mulai serius dari sini (lohn berarti bener dong yang di atas bo'ong??). Saran gw kali ini sudah gw praktekan tadi. Dua jam lalu gw masih push-up sambil ngitungin domba lompat pagar, dan gw tau itu tidak produktif. Jadinya sekarang gw menulis posting ini (dan baru gw sadari ternyata ini sama tidak produktifnya). Saran gw lakukan aktifitas yg tenangn seperti membaca, dan ngerokok, ngelamun, pokoknya yg tidak mengganggu - asal bukan tidur. Ya iya lah, kalo lo tidur sudah gak insomnia lagi dong!

Tips ke empat: jangan libatkan orang lain.
Nah saran di atas itu erat dengan tips ini. memang kecendrungan manusia saat kesusahan, tidak bisa melihat orang lain senang, sehingga saat kita tidak bisa tidur, keisengan kita muncul untuk mengganggu orang tidur. Dari serangan ngebuzz di YM, OOT level3 di milis&forum, ngisi bulbo FS gaya ABG, sampai telponin orang buat kasih tau kalo ternyata Saiful Jamil bakalan balik sama mantan istrinya.

Kalo soal mengganggu orang tidur, bokap gw gak ada lawannya. Kalo dia gak bisa tidur, dia sering gangguin istrinya yg sedang tidur (nyokap gw.blo). Mulai dari korek-korek ketek pake tusuk sate, kentut super bau, sampai nyelipin batang korek di sela jempol kaki. Kalo kamu belum pernah alami yg terakhir ini, percayalah, kebo tidur pun pasti bakalan terusik!

Hm gw jadi mikir, gw jadi dapat ide melakukan apa setelah ini. So, segini dulu tips dari gw. Mungkin ada yg tergerak untuk nambahin. Gw mau isengin ade gw dulu!


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 comments:

Posting Komentar