the Ghost Writer

Kalo baca judulnya mengingatkan gw pada sebuah film pertengahan 2007 lalu, the Ghost Rider. Sound's silly, but true.

Maksunya dibanding dengan tengkorak mengendarai motor, ghost writer itu memang kerjaan yang real, alias nyata. Sedikit soal Ghost Writer, atau penulis banyangan; Penulis bayangan biasanya adalah orang yang dibayar untuk menulis manuskrip (biasanya jurnal atau bibliografy) seorang tokoh.  Jadi kalau kamu menemukan buku biografi seorang artis, atau musisi terkenal, atau bintang olahraga, bahkan presiden/ tokoh politik, hampir biasa dipastikan yang menulis adalah penulis bayangan mereka, bukan diri mereka sendiri. Intinya seorang penulis bayangan berperan sebagai klien dalam menulis buku mereka.

Walaupun keberadaan dan profesi mereka diakui, tapi tidak karya mereka. Kebanyakan mereka hanya dicantumkan sebagai kontributor.

Mengambil latar belakang tsb, Robert Harris mengangkat kisah penuh intrik yang bisa kamu masukan dalam genre misteri. Mirip seperti kisah-kisah Tom Clancy tentang intrik politik dan perang. Bedanya tokoh utamanya adalah seorang penulis bayangan yang buta politik dan terjebak dalam intrik politik itu sendiri dan menyeret dirinya ke dalam bahaya yang mengerikan.

Dikisahkan seo penulis bayangan yang cukup ahli dibidangnya ditawari sebuah project yang sebelumnya tidak pernah dia kerjakan. Memang klien sebelumnya adalah tokoh-tokoh yang cukup terkenal, misalnya bintang persepak bola, artis, bahkan musisi-musisi dunia; siapaun itu orang terkenal tapi bukan politisi.

Adam Lang, mantan perdana menteri Inggris, menghadapi tuduhan kejahatan perang. Seorag penulis bayangan direkrut untuk membantunya menulis autobiografi yag menjadi satu-satunya cara membela dirinya di mata dunia.

Hanya saja ketika sang "hantu" mulai bekerja, dia menemukan terlalu banyak hal yang tidak sesuai; tentang awal karir politik Adam Lang, tentang kebijakan-kebijakan politiknya, tentang keterlibatan badan intelejen negara asing...

Dan yang paling mengancam nyawanya adalah kematian tak wajar McAra, ajudan politik Adam Lang yang awalnya membuat penulisan memoar sang Perdana Menteri, yang melakukan riset menyeluruh terhadap masa lalunya.... tapi kemudian ditemukan tewas di pantai sunyi Martha's Vineyard. McAra mengetahui terlalu banyak rahasia -- rahasia yang membawa kematiannya.

Yang menarik dari novel ini karena banyak tertuang emosi-emosi dari pemeran utamanya (dalam buku ini adalah 'aku'), dan karena sudut penceritanya adalah orang pertama sehingga membuat pembaca (setidaknya gw) terlarut dalam emosi.

Penuturannya lugas, menarik dan cerdas. Namun waupun buku ini disusun secara seksama dengan revrensi dan riset dari berbagai penulis, gw temukan beberapa hal yang ganjil. Misalnya sering nya tokoh utama menyebutkan waktu dengan perkiraan. Awalnya gw berpikir tokoh utama tipe pria yang tidak suka menggunakan jam tangan, ternyata gw keliru karena pada halaman 64 paragraf ke 4 disebutkan pria ini punya jam tangan -- walaupun begitu dia tidak yakin dengan angka yang ditunjukan jam tsb.

Selain itu masih ada beberapa pernyataan yang tidak mendukung jalan cerita, seperti sengaja ditulis untuk menyesatkan pembaca. Itu sebabnya gw lebih condong menyebut ini kisah misteri, mirip seperti 10 Anak Negro karya Agatha Christie -- karena tidak ada detektifnya.

Walaupun begitu ending buku ini sungguh mengejutkan, dan karena ending tsb gw masih terngiang-ngiang akan kisah ini walaupun sudah lebih dari seminggu selesai membacanya.

Ranking A untuk buku ini, dan untuk lebih jelasnya langsung beli dan dibaca nih buku. Gw sarankan untuk para penulis dan pecinta kisah misteri untuk membacanya.

0 comments:

Posting Komentar