Ngobrolin Android


Sebelum gw mulai mengerjakan tugas-tugas kantor yang selalu membuntuti kemana pun gw pergi, gw sempatkan untuk ngeblog. Kali ini gw ngeblog dengan ditemani senandung "I Get Along Without You Very Well" di iPod gw, Vietnam coffee dan tiramisunya Dante di balik laptop gw.

Beberapa pelayannya gw kenal, soalnya mereka sebelumnya di Dante CL. Sebenarnya walaupun Dante CL lebih kecil tempatnya, tapi lebih nyaman di sana, soalnya internetnya kuenceng bener! Dan minimal ordernya cuma 40.000 agar bisa ber-wifi ria. Berbeda dengan Danet MKG yang minimal ordernya 50.000, udah gitu ternyata koneksi jebrut kayak jemuran kancut.

Lalu gw OL pake koneksi apa?

Dengan super smartphone Android Google neXus One!

Oh, oh, kalo kamu pikir ini hape yang dijadikan modem dengan menggunakan kabel? Ketinggalan jaman deh! Ini hape gw manfaatkan untuk jadi router. Gw ulangi lagi, router! Can you believe it??

Ini baru laptop aja, kalo gw biasa di hutan yang nebeng koneksi lebih banyak: iTouch, blackberry (secara dihutan gak ada sinyal XL), dan laptop bokap. Gw pernah routed dengan 5 gadget oleh neXus. Speed up tetaq stabil, cuma batrenya kayak ember bocor.


Sedikit mengenai gadget ini (awas racoen dan percayalah, ini bakalan gak sedikit). Seperti namanya gadget ini ber OS Android. Apa itu OS android? OS milik google dengan base on Linux dan termasuk lima besar platform untuk hape-hape pintar dan komputer. Bahkan kalo di Amerika OS ini masuk tiga besar, di bawah blackberry dan iPhone. Karena merupakan pengembangan dari Linux maka OS ini bersifat open source. Ini merupakan berita baik karena dengan demikian semakin banyak developer software yang bisa bergabung. Untuk lengkapnya kamu bisa cek di wikipedia.

Walaupun platformnya sama-sama android tapi OS android yg ada dipasaran ada beberapa macam, diantaranya:

Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android Cupcake (versi 1.5)
Pada pertengahan Mei 2009, Google merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android Donut (versi 1.6)
dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android Eclair (versi 2.0/2.1)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Android Froyo (Versi 2.2)
Froyo launching tahun ini, merupakan pengembangan lebih lanjut dari Linux Kernel. Perubahan yang dilakukan adalah pada tampilan dan efisiensi kerja dan sudah mendukung penuh flash v10. Sebenarnya masih banyak lagi perubahan yang ada, tapi gw malas menjelaskan (dan kamu juga pasti gak tertarik dengan ditelnya). Kamu bisa cek di_sini untuk informasin yang lebih lengkap.

Apa kelebihan android dibandingkan dengan OS lain?

Kelebihannya ada pada open source nya tsb, ini membuat OS ini lebih mudah untuk dimodifikasi juga untuk developing software pihak ketiganya. Interface nya atraktif seperti apple. Push mailnya tob! Walaupun masih di bawah Blackberry tapi diatas kinerja wimo dan iPhone. Dan buat gw pribadi tethering-nya itu yang bikin istimewa. Sampai saat ini setahu gw baru Android aja yg punya. iPhone katanya jg sudah bisa, tapi routing ke iPad dan iTouch aja gak bisa.

Kekurangannya?

Karena OS ini termasuk baru sehingga jalan masih membentang lebar untuk menjadi market leader. Tapi gw percaya itu gak lama lagi.


Bisa dibilang google tamak dalam hal ini....

0 comments:

Posting Komentar