The Starbucks Experience: 5 Principles for Turning Ordinary Into Extraordinary'



Judul: The Starbucks Experience: 5 Principles for Turning Ordinary Into Extraordinary'
Penulis: Joseph A Michelli
Alih bahasa: Hero Patrianto
Editor: Ratih Medya
Tebal: 208 halaman


Sudah lama pengen nulis review nih buku, cuma baru kesampaian sekarang. Dapat nih buku juga tidak sengaja liat di Gramed Citra Land. Ini fersi Indonya. Cepat bangat keluarnya. Sebenarnya sudah baca nih buku, versi inggrisnya, cuma sebelum sempat selesai di baca, buku tersebut saya kasihkan salah seorang kolega.

Akhirnya saya ambil satu. Setelah muncul versi Indonesia, semakin banyak teman dan kenalan yang baca. Saya baru cek lagi setelah muncul versi Indonesianya di google dan menemukan 329.000 link yang menyangkut buku ini, termasuk blog.

Sekilas mengenai buku ini. Penerbit Erlangga. sampul dan covernya bagus (hard cover), mirip kek versi aslinya. Cuma yang membuat saya agak menyerengitkan dahi karena di bagian depan salah-satu kalimatnya mengatakan 'dilarang keras mengutip.....'. Menurut saya ini kalimat yang cukup bodoh untuk di lontarkan oleh penerbit yang sudah cukup terkenal. Apa Penerbitnya sendiri tiadk membaca isi buku sebelumnya? Karena di buku tsb berisi kutipan dari pengalaman para mitra dan pelanggan Starbucks. Entah karena kekhawatiran apa (dan tentunya tidak beralasan) atau karena tidak sadar apa yang sedang ditulis.

Salut juga untuk Hero Patrianto. Alih bahasanya bagus. Justu pihak editorialnya yang agak kurang. Ada beberapa kalimat yang tidak berkesinambungan, beberapa salah ketik, rata-rata 1kata/2bab. Mungkin bagi beberapa orang wajar, cuma bagi saya jadi kelihatan buru-buru, apa lagi dalam buku tsb salah satu subbabnya 'Semuanya Penting', termasuk hal yang sepele dan kecil. Tapi di luar itu, ini buku yang bagus, isinyajuga bagus. Saya menyarankan untuk rekan-rekan membelinya, atau paling tidak mambacanya. Buku ini sangat bagus.

Sekilas untuk buku ini. Buku ini bukan berisikan mengenai sebuah brand, apa lagi promosi mengenai Starbucks. Buku ini berisikan mengenai perusahaan yang melegenda, memberi dampak signifikan untuk komunitasnya secara sosial, dan bagaimana seharusnya sebuah perusahaan itu. Berisikan pengalaman-pengalaman para mitra (di Starbucks sebutan untuk para karyawan dan pramusajinya adalah mitra kerja) dan pelanggan yang mengharukan. Prinsip-prinsip dalam bisnis yang kita anggap hanya ada dalam negri dongeng, ternyata dapat di terapkan sepenuhnya oleh sebuah kedai kopi yang berada beberapa blok dari kos saya.


Dulu saya tidak begitu suka 'nongkrong' di Starbucks. Sebenarnya tidak ada alasan pribadi, tapi saya jengah dengan kebiasaan orang Jakarta yang suka latah, sok ikut-ikutan tanpa tahu secara pasti apa yang merekan lakukan. Namun seperti kata buku ini, orang senang bergabung dengan perusahaan yang tingkat kepedualiannya terhadap masalah-masalah sosial tinggi, begitu juga saya. Selain itu suka dengan 'budaya' yang telah diciptakan Starbucks, dan saya ingin menjadi bagian didalamnya. Makanya ini jadi salah-satu tempang hang out fav saya (gak nyambung sih) ya pokoknya begitulah.

2 comments:

heropatrianto mengatakan...

Thanks untuk apresiasinya

Hero Patrianto

joh juda mengatakan...

Ini beneren mas Hero? Wah keren mas alih bahasanya. Gak menyimpang dari buku aslinya. Kebetulan setelah baca ini saya dibawakan versi inggrisnya.

Posting Komentar