Avatar Saya

Posting kali ini saya mau ngomongi avatar saya dalam beberapa forum dan sosial web di internet.

Apa benefitnya buat saya mengetahui avatanya Yuda dan asal-usulnya?

Setidaknya ada dua keuntungannya, pertama kamu bisa kenal kalo nick bersangkutan adalah saya, kedua biar menambah deretan jumlah posting saya yg gak berguna.

Primary friendster


Foto tsb diambil saat nunggu ade perempuan saya. Nongkrongnya bareng ade saya Rcihard. Banyak yg komentar, soalnya dulu mereka tahunya saya gak suka ke SB (Starbucks), tapi kok sekarang malah dijadikan primary fotonya di FS. Soalnya dulu saya beranggapan orang-orang yg SB hanya kaum hedonis dan sok-sok biar dianggap keren.

Kalo saya? Hehe ya kalian semua boleh anggap saya kaum hedonis jg, tapi saya gak sok-sok biar keren loh ke SB. Saya jadi sering ke SB secara reguler disebabkan setelah saya baca bukunya The Experiance of Starbuck by Joshep Michelli. Ini buku bagus bangat! Saya anjurkan untuk siapapun, gak hanya maniak SB, tapi siapapun, dan dari kalangan manapun, untuk membaca buku ini.

Salah-satu babnya membahas mengenai global warming, dan SB konsern sekali dalam urusan tsb. Itu memang dapat saya lihat, dari pembatasan penggunaan kertas, dan penggunaan kertas daur ulang untuk tisunya. Bahkan lebih jauh lagi, SB sangat 'crewet' sekali mengenai masalah pengolahan limbah para rekanan usahanya. Seperti kata Michelli, orang senang terlibat, baik secara aktif maupun pasif, di dalam perusahaan yg memperhatikan lingkungannya. Dan saya salah-satunya. Setidak-tidaknya, alasan yg masuk akal, karena saya jg memiliki saham di SB.

Avatar blogspot



Sebenarnya ini foto yg sama dengan primary friendster, hanya saja selain di crop, saya jg memodifnya menjadi dua warna. Selain itu, dalam foto ini jg tersimpan keterangan profesi, no telpon, dan alamat email saya. Avatar ini hanya akan kamu lihat di blogspot, dan mungkin di kartunama saya.






Avatar jawaban.com

Ini juga hanya dapat dilihat di avatar jawaban.com. Ini bukan foto diri saya yg dimodifikasi, sama sekali bukan. Ini foto saya pilih semata-mata karena kedua hewan tsb pernah menemani saya sebagai binatang peliharaan -- anjing dan hamster. Dalam foto ini, membangkitkan perasaan penasaran saya, bagaimana kalo seandainya mereka dipertemukan bersama-sama dalam satu kandang? Ya, mungkin hanya dapat bertahan paling lama tiga hari, sebelum sang anjing menunjukan keintimannya, dengan meletakan hamster tsb di dalam perutnya.

Avatar forum klinikdrum, bloggerian.com, kaskus.us, YM



Ini merupakan sepenggal gambar dari seorang model Jepang. Kenapa menggunakan avatar ini? Mungkin lebih kepada cinta tak sampai kali ya. Naksir nih cewe, tapi bagaimana mungkin, ke Jepang saja saya belum pernah.







Apa sih kegunaan avatar?

Kegunaan sesungguhnya untuk meletakan identitas berupa grafis yg menunjukan keunikan serta ciri personal yg bersangkutan. Misalnya foto wajah, atau grafis nama/nick yg bersangkutan, atau signature dari orang tsb.

Tapi justru pada prakteknya, hanya sebagian kecil saja yg menggunakan foto jati diri yg sesungguhnya. Kebanyakan yg diletakan pada avatar adalah: artis pujaan, gambar lucu, gambar serem, dan buat menghina orang lain. Justru saat kita meletakan jatidiri kita yg sesungguhnya, pasti dianggap, orang baru melek internet nih. Seperti avatar RoySuryo dibeberapa user kaskus. Eh, itu bukan avatar asli toh?? Saya pikir itu RoySuryo yg baru melek internet. Sori deh.

Gak jarang avatar dipakai buat menipu orang -- dari sekedar mengolok-olok, samapi menipu beneren. Misalnya yg menglok-olok, avtar yg dipasang adalah foto cewe. Selain itu juga, gaya ngomong sok anak ABG, yg kalo dibaca perlu berulang-ulang, udah gitu tetap gak ngerti pula! Padahal sebenarnya, pemilik nick tsb hode (cowo yg ngaku-ngaku sebagai cewe).

Akhirnya tujuan mulia dari pencetusan avatar hilang sudah, dan berganti menjadi guyonan. Ah, termasuk saya jg sih. Mungkin karena dunia internet adalah dunia dengan cadar, di mana kita tidak perlu melihat langsung, atau mengetahui langsung siapa orang tsb.

Tapi kenapa kita mesti takut sih mengungkapkan siapa diri kita? Siapa kita sebenarnya? Apa karena kita sendiri tidak tahu siapa diri kita?

1 comments:

Wibowo Kosasih mengatakan...

Ajak ajak dong kalau mau nge-Buck ...
Ayo kapan ketemuan kita ngobrol and kopi darat bareng ...

Posting Komentar