Review Dua Buku

Gw mau review dua buku yg tidak gw beli bersamaan.Genre keduanya hiburan.



Judul: Kencan Jakarta
Penulis: Anisa Anindhika
Penerbit: Gagasmedia
Tebal: 143 halaman

Buku ini mengisahkan petualangan Aneesy bersama Mr.B, pacar doi, dalam mencari cinta di balik piring. Ide bukunya sih wisata kuliner di Jakarta. Ide segarnya, tempat-tempat tsb merupakan tempat kencan murah meriah (makan berdua kurang dari Rp50.000,-)

Kulinernya diklasifikasikan berdasar jenis makanan. Ada 14 jenis makanan yg masuk dalam buku ini, antara lain Burger, Ayam, Soto&Sop, steak, nasi uduk&pecel lele, Bebek, bubur ayam, sampai cake/pastry. Masing menu makanan dibagi lagi sesuai dengan lokasi kuliner tsb.

Hal menarik, konsep bukunya dibuat seperti jurnal;
  • Ada map acuan sesuai dengan letak kuliner yg ada di buku ini,
  • dokumentasi foto dari tiap tempat kuliner (yg pasti bikin kita lapar tiap baca tuh buku),
  • disertakan rangking dengan range 1-5 (diwakili dengan bintang). Penilaian ini tidak semata-mata hanya karena rasa, tapi juga kemudahan diakses, tempat parkir yg memadai, bahkan kenyamanan (alias ada tidaknya pengamen).
  • disertakan juga tips berbusana, agar tidak saltum, alias salah-kostum di tempat kuliner tertentu.
  • Ada juga behind the scene, yg memuat kejadian khusus bertalian dengan tempat kuliner tertentu.
  • daftar menu andalan, daftar menu lainnya, dan yg terpenting alamatnya dari masing-masing kuliner dong.

Buat pasangan yg doyan makan, dan senang mengunjungi tempat-tempat baru, WAJIB PUNYA NIH BUKU! Yang ngejomblo jg gak salah punya nih buku, seperti saya. Soalnya bisa dijadikan refrensi buat tempat hang out bareng temen, dan biar gak habis ide kalo ngajak nge-date cewe. Terus-terang ada beberapa tempat yg bikin penasaran untuk didatangi setelah baca buku ini.

Ternyata, untuk dapat tempat yg romantis, tidak selalu harus mahal kok. Ranking A deh buat nih buku.



Buku berikutnya;

Judul buku: Kutipan Express (383 Kutipan film Indonesia)
Penulis: M. Akbar & Dewi Fita
Penerbit: Bukune
Tebal: 123 halaman

Kalo gak salah ada buku sejenis, terbitan luar -- kumpulan kutipan film dari beberapa dekade. Coba nanti saya cari link bukunya.

Isi bukunya sudah pasti berisi kutipan-kutipan dari 95 film Indonesia. Baik dari film lawas; seperti Nagabonar, Arini (masih ada kereta yg lewat -- bukan film horor kok). Sampai film-film terbaru; seperti Nagabonar jadi 2, Lovely Luna.

Kutipan-kutipan tsb dibagi dalam beberapa genre, sesuai dengan pesan kutipan tsb. Ada mengenai Cinta, Patah Hati,Hidup, Persahabatan, dan Miscellanous.

Konsepnya sih bagus, sayangnya hanya 10-20% dari kutipan tsb yg benar-benar bagus. Sisanya? Hanya buang-buang uang!

Banyak dari yg dibilang kutipan tsb, bukan kutipan, tapi sekedar mindahin dialog film. Mungkin bagi yg sudah nonton film tsb, mengerti pesan dari situasi yg ada dalam dialog tsb. Kalo yg enggak? Siap-siap aja bingung, apa sih yg dimaksud nih buku??

Kalo harus nonton filmnya dulu, itu mah bukan 383 Kutipan film Indonesia, tapi Daftar 95 Film yg Harus kamu Tonton untuk Mengerti Buku Ini.

Untuk mencari contoh, gak perlu susah-susah. Cukup buka buku tsb dengan sembarang, pasti langsung ketemu.

Genre: Persahabaan
(Ini cerita mengenai Cinta yg nemenin Rangga cari buku, dan Cinta melupakan janjinya dengan teman-temannya untuk nonton PAS. You know what?! Dialognya beneren ditulis semua loh?!!!)
Cinta: Ya ampun!
Rangga: kenapa Nta?
Cinta: aduh, gw lupa janjian sama anak-anak kalo ada konser PAS hari ini.
Rangga: kalo gak ada kamu , PAS tetap manggung kan?
Cinta: jangan gitu dong tapi kan saya sudah janji ama teman-teman dari sejak kapan tau.
Saya: OhMyGoat!! Ini pesannya apa sih??! Bikin saya malas nulisnya. Singkat cerita, Cinta pergi ninggalin Rangga karena marah.

Limbong: Rangga… Rangga, bodoh kali kamu Rangga. Jangan piker kamu lihat cewe yg marah itu benar-benar marah. Nggak. Itu Cuma taktik untuk mincing inisiatif kamu. Ayo kejar, ayo. Kau perhatikan yah kalo sampe dia nengok kemari berart dia mengharap kau mengejarnya. Perhatiin. Tuh ayo kejar, gimana sih kamu laki-laki.

(ADA APA DENGAN CINTA)

See? Kalo sepanjang ini kutipan, dialog tuh yg seperti apa?!

Padahal yg nyunting buku ini penulis Favorit saya loh, Raditya Dika, penulis buku Kambingjantan, dan Pimred dari Bukune itu sendiri.

Ok deh, buat saya, ini buku Ranking C, soalnya ada beberapa kutipan yg memang bener-bener saya suka.




N.b untuk keterangan ranking, harap baca Review Legendnya ya. Tq.

2 comments:

Anonim mengatakan...

klo gitu pinjem donk kak buku "Kutipan Express" nya.. rugi kan klo gue mesti beli... :D

joh juda mengatakan...

Dengan senang hati malah kk pinjamkan. Sayangnya ade sudah balik ke Riau. Kasih alamat aja, nanti kk kirim hehehe (segitunya)

Posting Komentar