Diet dan Hidup Sehat

Sudah jalan hampir seminggu saya serius dengan yg namanya olahraga. Karena di Jakarta sulit untuk mencari publik area yg bebas polusi, sedangkan saya lebih memilih untuk olahraga di outdoor, ketimbang harus di gym. Untuk itu saya memilih waktu di dini menjelang pagi hari saat belum banyak kendaraan yg buang limbah.

(+) Keuntungan park sport (kalo di luar populer, sayang di Indo belum ada fasilitas yg menunjang):
  • dapat udara yg segar (khususnya pagi hari)
  • pemandangan gak monoton
  • bisa bersosialisasi (dari yg addict olahraga, sampai yg sekedar jalan-jalan pagi)
  • dan murah!

(-) Kekurangannya; memang kalo hanya sekedar latihan cardio sih cukup, tapi kalo urusan membentuk badan, ya mau gak mau harus ke gym -- mengurangi resiko cedra, dan peralatan yg memadai.

Saran saya, ambil keduanya, park sport dan gym.

Selain olahraga, sama pentingnya yg harus diperhatikan adalah makanan. Toh percuma saja kita sudah setengah mati buat olahraga, tapi makan yg masuk gak sehat. Solusi yg saya anggap paling ok adalah dengan diet.

Awww..... yuda dieet?!! OMG?!! Loe sudah kurus gitu, ngapain diet sich??

Tanggapan besar orang Indonesia adalah demikian. Soalnya mereka tidak tau beda antara diet, puasa, dan rakus.
Diet is...
  • Diet yg benar: atur pola makan agar kebutuhan nutrisi tubuh berimbang. Kurangi junk food, termasuk gorengan dengan minyak seribu kali pakai.
  • Diet ala orang sini: kurangi jumlah makanan (sampai mau pingsan), dengan cara skip jadwal makan -- misalnya skip makan malam.
Puasa is...
  • Puasa yg benar: skip jadwal makan. Misalnya skip sarapan dan makan siang, dan hanya makan malam saja. Sedangkan waktunya digunakan untuk hal yg berguna (misalnya beribadah jika puasa religi).
  • Puasa ala orang Indo: pindahkan sarapan, cemilan dan makan siang, dan minum ke malam hari, dan makan sampai puaas.
Rakus is...
  • Kalo sudah mindahin semua makanan ke malam hari, tapi masih aja ngembat makanan orang lain.
Diet yg saya tempuh adalah mengurangi karbohidrat sebagai menu utama. Perbanding asupan yg dianjurkan antara protein: karbohidrat:lemak adalah 50% : 40% : 10%. Karbohidrat yang dikonsumsi adalah yg memiliki nilai glikemik rendah-sedang, contohnya nasi merah, roti gandum, juga kacang2-an seperti kacang hijau.

Buat beberapa orang, tidak mudah mencari sarapan dengan menu sehat secara rutin. Untungnya saya memiliki daya tahan dalam sebuah rutinitas. Kalo hanya masalah makan itu-itu aja dalam kurun waktu yg lama, itu bukan masalah buat saya.

Mengurangi nasi juga, walaupun masih lemes sehari tanpa nasi sama sekali, tapi bisalah. Mengurangi garam, itu mudah. Soalnya saya justru tidak bisa makan yg asin-asin (cendrung tawar malah). Tapi yg harus mengurangi gula, itu susah bangat!!

Takaran yg dianjurkan katanya 1-2 sendok teh/hari. Sedangkan saya? 1-2 sendok teh/gelas kecil aja masih kurang!! Soalnya saya doyan bangat yg manis-manis (termasuk cewe manis yee hehehe). Kalo minum cappucino di SB, orang mah 1 bungkus gula mah cukup. Ini saya 3bungkus (malah bisa 4) baru pas. Edaan!

Ya tapi kalo mau menuju hidup sehat, merubah habit adalah yg tersulit.

Memang dalam diet, ada aturan 6+1 atau 5+2, yg artinya dalam seminggu kita bisa 'bolos' diet sebanyak satu atau dua kali. Cuma saran saya kalo mau diet, jangan berkompromi selama enam minggu pertama deh.

Kenapa? Karena setelah enam minggu itu, habit kita sudah berubah, sehingga untuk kembali lagi ke kebiasaan yg lama akan sulit (sama seperti saat merubahnya).

Kalo kita mau berubah dari kebiasaan buruk ke kebiasaan-kebiasaan yg baik, dan menjaga kebiasaan-kebiasaan baik tsb, lingkungan memegang faktor penting. Bukannya, pergaulan yg buruk merusak kebiasaan yg baik?

Jadi waspada dengan siapa kamu bergaul, dengan apa yg masuk dalam perut kamu, dengan apa yg kamu lakukan. Karena didalam tubuh yg sehat terletak jiwa yg kuat! (iya tau, gak nyambung!).

2 comments:

gitadine mengatakan...

Hehehe lagi jalan-jalan di Google nyasar ke sini.
Blognya asik, and thanks for the tips! :)
Saya juga tipe orang pecinta manis (makanya sering-sering memandangi diri sendiri di depan cermin.. ciahahaha), jadi rasanya gimanaaa gitu kalo berpisah sama gula. =_=;; Tapi akan berusaha deh demi hidup sehat! Ahahaha.

joh juda mengatakan...

@gitadine
Hahahaha... Thx sudah berkunjung dan ninggalin comment ya :)

Posting Komentar