mendekati setengah empat pagi...

Jam di dinding bergerak mendekati setengah empat pagi, dan seperti malam-malam sebelumnya, saya masih di sini dengan insomnia. Bukan nama orang, tapi nama gangguan.

Ada dua hal yg saya lakukan sebelum posting, pertama nyalin cerpen dan draft buku ke laptop. Belakangan ini justru saya lebih nyaman saat menulis menggunakan kertas dan pena (beugh, klasik bangat gak sih??). Ide dan plot lebih mengalir, dan saat menulis seolah emosi bisa tertuang di kertas (lebay deh). Ya ya, mungkin jg karena sudah lama gak menulis dengan cara konvensional.

Yang kedua saya barusan reposting di sebuah thread yg lagi bahas kenapa cewe suka main nguji2an? Kalo mau lihat dan ikutan repost, bisa cek disini.

Saya gak akan bahas di sini mengenai problematika antara cowo dan cewe. Soalnya sejak posting pertama, saya sangat menghindari mengisi blog ini dengan tema antara cowo dan cewe, atau cinta-cintaan -- itu pun kalo kamu perhatikan dan baca blog ini dari awal.

Cuma pesan saya buat cowo dan cewe, coba deh kita buka mata kita lebar-lebar, pasang telinga gede-gede. Jangan cuma bisanya saling menuduh dan cari kesalahan lawan gender kita. Kita sudah terlalu tua buat sekedar nyari siapa yg salah dan siapa yg benar. Ok, kecuali kalo ada anak umur lima tahun yg baca blog gw, gw minta maaf sudah nyinggung kamu.

Ok, tema pagi dini hari ini mengenai blog, dan bicara mengenai posting pertama, mungkin sedikit dari begitu banyak pembaca setia blog saya, ok sebenarnya cuma ada dua, yg baca blog ini dari awal. Kenapa sedikit? Soalnya banyak euy, dan males bacanya. Padahal tulisan awal saya bagus-bagus loh *muka marketing mode on*, apa lagi bulan Juni-Juli tahun lalu. Soalnya masih seneng-senengnya punya rumah baru.

Kalo ditanya, mana posting yg paling saya suka selama tinggal di sini, mungkin saya akan tanya labelnya apa dulu nih. Selain itu bulan apa dulu nih, karena setidak-tidaknya tiap bulan ada satu yg saya suka. Cuma kalo disuruh milih di bawa ancaman senapan mesin, mungkin ini yg paling saya suka di tahun lalu. Benar-benar from my heart of heart (hoeek... jijay dan keki tiap denger nih frase).

Kalo selama tahun ini berjalan, saya paling suka dengan yg ini. Soalnya sepanjang pencarian saya di tahun ini, tema ini terlalu sering muncul dalam keseharian, bahkan dalam tidur sekalipun. Nulisnya jg enak, serasa mengalir gitu aja, gak usah mikir samapi muka kek gak buang air seminggu.

Waduh, gak enak kalo bicarain posting sendiri, seolah-olah kok seperti mengagumi diri sendiri ya. Ok deh, sebelum saya dihinggapi rasa sombong diri, padahal nulis masih sering salah dan banyak tema yg masih gak penting, kita bahas tentang blog yg sering saya kunjungi saja.

Dari semua blog yg saya link, sebenarnya gak semua saya baca. Biasanya blog yg saya link itu sewaktu saya 'tersesat' di belantara maya, dan nemu blog yg menarik. Sebelum saya lupa urlnya, ya di link aja ke blog saya. Jadi kalo mau dibaca sewaktu-waktu, tinggal nyari aja di blog link (sekarang loe tau kan rahasia gw).

Dari hmm... (tunggu, ngitung dulu) 23 blog yg ada di blog link, saya punya blog-blog yg rutin saya kunjungi setiap hari, khususnya dalam dua bulan terakhir ini. Sori, yg gak masuk bukan berarti gak dibaca ya, saya baca kok. Cuma ini khusus blog yg saya baca hampir semua posting mereka dari bertahun-tahun yg lalu.

Ok, kita mulai dari yg pertama, Raditiya Dika. Siapa sih yg gak kenal sama Raditiya Dika? penulis buku-buku gokil yg semuanya national bestseller. Isi blognya gak seperti blog lamanya dulu, kambingjantan.com. Blog yg sekarang mengedepankan hal yg lebih gak penting lagi, yaitu jadwal kegiatan, talkshow, dan aktivitas doi. Di banding blog sebelumnya, ini lebih manusiawi lah (soalnya blog sebelumnya, langganannya para kambing). And fyi, saya bisa ada di sini, punya blog, dan getol nulis blog, ya karena temenku om batak yg satu ini (eh Dik, gw temen loe bukan sih??).

Selain penulis, doi jg Pimred (bagi yg gak tau pimred itu apa, pimpinan-redaksi tong) Bukuné, dibawa payung Agromedia Group. Buku ke4nya pun sudah keluar 25 April kemarin, dengan judul Babi Ngesot: Datang Tak Diundang, Pulang Tak Berkutang. Kamu gak salah baca kok, memang dari ke4 bukunya, gak ada judul yg waras. Pastikan kamu punya bukunya ok (gw bukan tim promosi dari Agromedia group, beneren deh).

Nilai minya nih blog: kamu pasti bingung kalo belum tahu siapa Dika, jadi beli buku-bukunya, dan stay tune di blog doi. Nilai plusnya: ini blog famous artis.

Blog kedua Panggil Aku Michael. Ini bukan blog yg berisi obsesi cewe yg pengen jadi cowo, tapi obsesinya karena nyokapnya salah kasih nama. Sebenarnya saya jg gak tahu kenapa dinamakan demikian. Walaupun tidak selama saya mengenal blog Dika, blognya Yosua ini (nama aslinya ternyata Yosua), saya temukan waktu doi gabung di forum bloggerian.

Blognya kocak, masuk genre comedy. Walaupun gayanya terkesan ngasal, tapi gak murahan. Yosua pintar mengolah kata, humornya cerdas dan renyah (ini blog apa kacang sih??). Selain itu doi juga ahlinya buat ngomongin cowo dan cewe. Jadi bagi para pencari cowo dan cewe, silahkan masuk blognya.

Ini blog yg lagi saya baca postingnya dar awal (karena kedua blog lainnya sudah saya baca semua postingnya), dan baru tahu ini blog keduanya doi. Blog pertama doi di blogspot sudah habis dimakan, dan lihat arsipnya, wuidih, dari tahun 2004 coy. Otomatis, doi senior saya nih.

Plusnya: ini blog menghibur. Walaupun sering dikaitkan dengan blognya Dika (maklum Yos, Dika duluan terkenal dibanding kamu), tapi kalo boleh jujur untuk beberapa gaya, saya lebih suka blognya Yosua. Minusnya: gak jarang postingannya gak penting deh Yos hehehe.

Yang terakhir ini mungkin yg paling bontot, dan juga yg punya cewe. a_LoveLy_yoUng_LaDy (fuih, susah euy nulisnya) merupakan personal blog dari Selvyna Theresia. Isinya? Hm... baca sendiri deh. Buat beberapa orang mungkin terkesan aneh (awalnya pun saya demikian), soalnya gak jarang nemu postingan yg isinya hanya satu kalimat. Eh, satu kalimat masih lebih baik, malah ada yg satu frase. Nice!

Kalo kamu bingung, itu berarti nalarmu kurang baik, jadi kelaut aja deh. Bercanda deng. Kalo kamu bingung, itu berarti kamu belum kenal dia. Nah untuk kenal dia gak mudah. Jadi sebaiknya gak usah buka nih blog kalo gak kenal.

Gak jarang gagasannya mengundang kontroversi. Atau posting singkat seperti "salah aku apa?" atau "dan biarkan aku tertidur.." membuat dahi harus berkerut sekerut-kerutnya. Eh saya lupa bilang, itu buka judul ya, itu isi dari dua posting berbeda. Iya, cuma itu. Namun sepertinya yg kasih comment gak terganggu dengan isinya, atau mungkin mereka cuma ngejunk. Entah ya.

Plusnya: dari sudut yg terlampau jauh, blognya Selvyna menghibur dan baik bagi orang-orang yg mau mencoba untuk berpikir, mendengar, dan merasa. Dalam satu bentuk yg abstrak, justru blog ini memiliki kesederhanaan rasa. Minusnya: arsipnya kurang enak, yah mungkin karena blognya menggunakan FS sih ya.

0 comments:

Posting Komentar