Masak Udang Sayur Lodeh ala Joe!



Masak Udang Sayur Lodeh ala Joe:

Bahan-bahan
- sayur-sayuran lodeh; labu, kacang panjang, terong, daun melinjo, nangka sayur (beli paketan di Hero)
- melinjo (saya tidak suka, jadi tidak pake)
- setengah kilo udang. Kok sedikit ya? Iya, soalnya udang mahal, bung. sisihkan kepalanya dan kupas kulitnya, sisahkan satu ruas terakhir berserta ekor
- penyedap royco (pilih antara rasa sapi atau ayam. Jangan rasa tiram, karena gak ada)
- bumbu instan lodeh sajiku
- kacang tanah (saya pake kacang di toples, sisa lebaran kemarin)
- santan (saya tidak pakai santan karena sudah ada udang)
- tomat ceri. Ok, saya tahu memang sayur lodeh tidak pake tomat, tapi ini tomat sisa kemarin dan tinggal sedikit
- empat siung bawang putih, geprak/rajam kasar/biarkan apa adanya - pilih salah-satu, jangan semuanya, nanti kebanyakan.
- satu sendok teh minyak goreng
- garam, gula, merica secukupnya

Untuk menemani memasak
- satu album The King of Swing
- satu kotak kue mangkok

Cara memasak:
Tumis bawang putih yang sudah kamu geprak atau rajam atau utuh-utuh dengan kulitnya, bersama bumbu lodeh dengan minyak satu sendok teh. Ingat, apinya kecil saja, jangan gede-gede. Setelah harum, atau bawang mulai kecoklatan, atau kamu rasa sudah agak gosong, masukan santan encer dan kepala udang. Masih dengan api kecil, aduk perlahan. Kalo seperti saya yang tidak menggunakan santan, kamu bisa ganti dengan air putih atau susu. Jenius! Itu inovasi dari saya, semata-mata karena santan, air putih, dan susu sama-sama berwarna putih. Tapi kamu jangan ganti dengan terigu, pokoknya jangan.

Setelah harum, masukan udang. Tentunya terlebih dahulu tiriskan kepala udangnya. Nah kepala udang yang sudah matang itu bisa kamu cemil sembari nunggu udangnya matang. Tapi kalo saya sih kepalanya saya buang.

Setelah udang berubah warna, masukan semua sayuran yang ada, dan tambahkan sedikit demi sedikit santan kental. Ingat, apinya tetap kecil ya, nanti santannya pecah.

Masak hingga sayuran layu, angkat dan hidangkan. Mudah bukan? Saran, hidangkan sambil mendengarkan album Extreme dari Extreme, pastinya tidak akan terasa kalo sayur Lodeh Masak Udangnya terlalu asem.

Selamat mencoba.

2 comments:

seLvyna tHeresia mengatakan...

SIYAL!!! gue kalah... tapi kayaknya kangkung cah perkedel gue lebih enak rasanya...

mas Joe, kalau suami saya gak suka udang.. trus udangnya saya ganti dengan ayam, boleh gak??? <-- pertanyaan gak mutu ala ibu2 di setiap acara "Selera Nusantara bersama Rudi Choirudin"

joh juda mengatakan...

Hohohoho... *siul-siul penuh kemenangan*

Posting Komentar