World Silent Day 2008

Kamu pernah dengar bumi bicara sama kamu? Iya, planet bumi. Pernah? Pasti nanya balik, memang bumi bisa ngomong? Iya. Memang kamu pikir cuma cinta aja yang bisa ngomong?!

Nah, kalo kamu salah-satu yang jawab begitu, berarti kamu masuk diantara ribuan penghuni bumi yang belum pernah mendengarkan planetnya berbicara.

Kenapa tidak bisa mendengarkan? Karena kita tidak pernah berdiam diri. Hakikat dari berkomunikasi, adalah berbicara, dan mendengarkan. Masalahnya banyak dari kita lebih suka berbicara dari pada mendengarkan.

Mendengarkan bukan hanya diam, dan menunggu giliran untuk berbicara (kebanyakan ini definisi kita dari mendengarkan). Mendengarkan adalah menyimak percakapan orang lain. Tahu apa pesan sso pada kamu.

Masalahnya, kita terlalu sibuk bekerja, belajar, bermain, beraktifitas, sehingga tidak mendengarkan bumi berbicara. Yah, tanpa kamu dengar, bumi tetap berbicara, bahkan merintih. Kamu bisa lihat, panas bumi semakin hari semakin meningkat, menyebabkan perubahan iklim. Belum lagi kerusakan-demi kerusakan bumi yang terjadi secara global. Toh nanti akhirnya kita, sebagai penghuni bumi yang susah.

Beberapa orang menyimak suara bumi, dan menanggapinya dalam KTT di Bali Desember 2007 kemarin. Salah-satu langkah kongkrit yang dibuat oleh LSM Bali yang tergabung dalam Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim, mengkampanyekan World Silent Day!

Dimana satu hari, selama empat jam, berhenti beraktifitas, berhenti menggunakan peralatan listrik, untuk membiarkan bumi bernafas. Membiarkan keheningan disekitar kita, agar kita bisa mendengar bumi ini berbicara. Agar kita bisa merenung betapa baiknya Tuhan memberikan dunia ini. Betapa pentingnya pemberian ini, bukan untuk diri kita, tapi untuk anak cucu kita. Dan betapa kita harus menjaganya.

BERI SATU HARI UNTUK BUMI BERNAFAS
HARI HENING SEDUNIA – 21 MARET


Tanggal 21 Maret adalah juga Hari Air dan hari pertama musim semi di utara – simbolisasi dari kehidupan.

Kenapa harus kita? Karena hanya kita, mahluk bumi yang paling banyak merusak bumi ini, yang dapat bertanggung jawab. Bukan karena semata-semata tuntutan nurani, tapi karena kita mahluk bumi yang paling tinggi tingkatnya. Tentunya kamu malu dong, kalo harus penghuni bumi lain, selain manusia yang konsern dengan bumi.

Bagi teman-teman yang konsern dengan bumi ini, dengan Global Warming, dan mau berpartisipasi dalam kampanye ini, dihimbau untuk mematikan alat-alat listrik, atau kendaraan pada esok hari, tanggal 21 Maret. Selama empat jam, terhitung dari pk10.00 - 14.00.


Untuk teman-teman yang ingin keterangan lebih lanjut mengenai World Silent Day dapat menghubungi:

Salam Hening
Kolaborasi Bali untuk Perubahan iklim
Alamat:
Jl. Pengubengan Kauh 94
Kerobokan, Kuta, Bali
+62 361 735321

0 comments:

Posting Komentar