Lari Pagi Bersama Yuda...

Dari semua cabang olahraga, mungkin yg paling saya gemari adalah lari. Yah gak kenceng bangat sih kalo lari, tapi paling tidak, kalo dikejar bencong Taman Lawang gak ketangkap deh (hiiih... gak kebayang kalo samapi ketangkap!!!)

Alasannya sederhana kenapa saya memilih lari, karena mudah. Tidak perlu latihan khusus, alat khusus, atau pakaian khusus - hanya khusus menyempatkan waktu. Jangankan running shoes, bersempak ria pun jadi. Paling kamu dikira pasien rs jiwa yg lagi kabur.

Bukan sekarang-sekarang saja saya addict sama lari. Dulu, sebelum saya meninggalkan Indonesia, waktu begitu padat. Tugas banyak menumpuk, stress gak punya pacar (yg ini boongan). Untuk itu saya punya beberapa kiat untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan stress. Selain mengendarai mobil berkeliling Jakarta ditengah sepinya malam, kadang saya jg menjernihkannya dengan berlari.

Biasanya sehabis pulang kerja, langsung ganti baju dan lari malam. Tidak jarang saya kembali dari berlari pk2 dini hari. Maklum, pulang kerjanya saja tengah malam.

Kembali ke rutinitas lama gaya baru, lari pagi. Seperti di posting sebelumnya, sudah saya utarakan kelebihan lari pagi, walaupun secara umum (semua tipe parksport/parkour). Nah yg saya gak notice adalah kelemahannya. Setelah hampir satu bulan ini berlari pagi di taman dekat kost, ternyata ada beberapa kelemahan yg cukup mengganggu kawan.

Pertama, dikala Jakarta diguyur hujan yg gak bisa baca kalender (udah bulan gini, masih aja hujan), tentunya jalan-jalan pun menyisahkan kubangan air dan bechek tanpa ocjyek. Itu artinya, kamu harus sigap melompat ke kanan dan ke kiri, kopral ke depan dan belakang, hanya untuk menghindari air dan bechek itu tadi. Belum lagi, sepatu yg kotor karena belum dicuci (?).

Kedua, ternyata kawan, tidak seperti beberapa tahun lalu, yg acara lari pagi bisa dijadikan ajang gebet-menggebet cewek, saat ini 80% pelaku olahraga taman adalah *tarik nafas dulu* manula....

Semakin lama saya menanti para cewek yg lari pagi, semakin sering saya dikecewakan oleh para manula-manula tsb. Sisa 20% siapa? Wanita hamil dan cowok yg mikir kalo bakal ketemu cewek cantik di taman, seperti saya. Ternyata benar, cewek cantik lari di gym, bencong lari di taman.

Tapi ada keuntungan, yg tentunya disukai hampir semua orang Indonesia, termasuk anak kecil. Lari pagi itu murah!

Berbekal kuntungan yg tidak seberapa tsb, ini beberapa tips dari saya bagi yg masih tetap ingin lari pagi.

Sebelum menjadwalkan lari pagi untuk besok, ada baik kamu memperhatikan hal berikut:
  1. Pastikan rute mana yg ingin kamu tempuh. Jangan mencari rute saat lari pagi, karena yg ada kamu tidak fokus pada larimu. Usahakan rute yg berotasi, seperti mengelilingi taman, komplek, planet, pokoknya apa saja yg ingin kamu kelilingi.
  2. Siapkan pakaian semalam sebelumnya. Sebaiknya gunakan sepatu lari, tapi kalo tidak ada, sepatu kets pun jadi, asal jangan sepatu pantofel. Gunakan kaos kaki yg tebal, untuk menghindari lecet. Gunakan baju-celana yg nyaman agar mudah sirkulasi udara. Sediakan handuk kecil.
  3. Jangan makan malam berlebih, karena akan menyebabkan bangun dengan perut yg kelaparan.
  4. Ada baiknya jika mengajak teman, agar tidak merasa garing lari sendirian. Atau jika tidak ada, iPod adalah teman setia yg ok buat diajak lari pagi.
  5. Ow iya, pastikan besok pagi anda bangun pagi. Saya pribadi sarankan untuk lari pagi jam5-6, saat udara masih segar. Dan jangan lari pagi di atas pk8 pagi. Kenapa? Sudah siang! Loe gak ngantor apa??

Tips-tips buat lari pagi:
  1. Jangan makan apa-apa sebelum kamu lari pagi. Minum air putih secukupnya (1-2gelas). Ini membuat metabolisme tubuh lebih besar.
  2. Lakukan senam pemanasan sebelum kamu beranjak keluar. Memang bisa jg senam sesudah lari, tapi senam diawal lari pagi mengurangi cedra otot.
  3. Berjalan dulu sebelum kamu mulai berlari. Ini membuat otot kakimu tidak shock. Ambil waktu sekitar 5-10menit untuk tahapan dari jalan santai, jalan cepat, sampai akhirnya berlari kecil.
  4. Berdasar kecepatan, lari dibagi dalam tiga jenis; lari kecil, lari menengah, dan lari cepat (sprint). Idealnya sih kamu lakukan ketiganya dalam satu kesempatan (khususnya saat latihan kardio). Saya sendiri biasanya joging sejauh 2X120m. Dilanjutkan dengan lari menengah 120m, dan diakhiri dengan infus di rs terdekat. Gak lah, habis itu sprint 60m. Setelahnya jangan langsung berhenti, tapi lakukan pendinginan dengan berjalan 120m, dan diakhiri dengan beristirahat di bangku taman sambil liat para manula.

Hal-hal yg perlu kamu perhatikan:
  1. Jangan berlari sambil minum. Malah sebaiknya, jangan minum selama sesi olahraga, itu akan membuat lambungmu sakit.
  2. Sebaiknya selingi latihan karido (contohnya lari pagi ini) dengan latihan beban. Dan kalo kamu gunakan lari pagi sebagai pemanasan sebelum latihan beban, jangan berlari terlalu lama dan jauh. Cukup jalan 120m, joging 120m dan lari menengah 60m.
  3. Sehabis lari, kesalahan yg paling fatal adalah langsung makan. Makannya gorengan pula, seribu tiga pula, atau soto babat. Jerih-lelahmu sia-sia kawan. Biasakan mandi sehabis berolahraga. Itu jg akan membuat kamu makan dengan santai, bukan dengan kalap karena habis olah-raga. Survei membuktikan, orang makan lebih banyak saat langsung makan sehabis olahraga, dibanding 1jam kemudian (sesudah mandi).
  4. Saat beristirahat, luruskan kaki, dan jangan menumpukan badan pada kedua tangan. Istirahat yg ok 5-10menit. Lebih dari itu menyebabkan kamu terlambat kerja.
Disclaimer, yg melakukan survei adalah saya, yg disurvei jg adalah saya.

Segini dulu deh. Nanti kalo ada yg baru, saya tambahin lagi. Selamat berlari pagi kawan. Semoga selamat sampai ditujuan!



Ps. Kalo sampai kamu ketemu cewek cantik sewaktu lari pagi di taman, waspadalah, itu bencong. Dan semoga kamu sudah cukup kencang berlari kalo sampai dikejar tuh bencong. Waspadalah! Hiiiih...

8 comments:

Wibowo Kosasih mengatakan...

Very usefull Tips, Joe ...

Aku sendiri juga suka lari pagi ... Mulai start agak siang jam 6 atau 6.30 ... cuma satu jam, terus mandi lalu ngacir kekantor ...

Anonim mengatakan...

kalau sepatu kets yang dipakai buat lari pagi nya kena minyak, laundry-in nya di mana?

joh juda mengatakan...

tiap hari Ben? Wah, memang satu jam saja bro hehe, mana kuat kalo lebh :D

joh juda mengatakan...

@si cantik
Di laundretta de, dekat Hero TA hehehe...

Anonim mengatakan...

wah... baca post ini jd inget, dulu pas masih esde dan imut gue sering tuh ama babe dan adik gue.. naik sepeda, keliling komplek trs pulangnya dibeliin eskrim (apa hubungannya coba ama post lari pagi).

niwei... jangan2 beneran pernah dikejar bencong lawang ya??? :p

joh juda mengatakan...

@yessica
hahaha kalo dikejar belum pernah sih, tapi digodain bencong pernah! Masih trauma sampai sekarang nih!

Bencooooong.....!!!!

Anonim mengatakan...

bersyukurlah yud... krn artinya lo ganteng!!! huehehehehhehee.. jangan trauma dong... sini tak godane' LOL
(org trauma malah dibecandain)

Anonim mengatakan...

waaa..aaa..aaa , sy pernah lari pagi pake sepatu BOOT di kebun, bukan jogging sih..tapi ayam saya kabur...

* iya lari pagi juga menambah kekuatan jantung dan paru2 sekaligus obat yang paling ampuh untuk mengurangi stress..nice artikel

Posting Komentar