Laguku Masuk Hutan, Hutanku Masuk Foto

Seperti yang gw cerita di posting gw sebelum ini, bahwa gw berada di lokasi terpencil, nulis blog sambil digigit nyamuk. Itu belum seberapa dibandingkan tanggal 1 Juli nya. Gw berangkat menuju Pujon, 130km arah utara Palangkaraya.

Di sini, seperti tempat-tempat biasanya di Kalimantan, parah. Akses jalan rusak, plus banyak jembatan penyebrangan yang terbuat dari kayu sepotong (hanya bisa dilewati satu mobil). Kalo gw hitung hampir 20 jembatan, yang kalo mobil lu tergelincir hanyut lah kau dibawa arus.

Nah Pujon ini hanya bisa dikunjungi saat masih terang, begitu juga pulangnya. Di luar itu, yaitu malam hari, resiko ditanggung pengemudi.

Kok bisa?

Soalnya lokasi tambang emas, dan karena di sana sinyal aja susah, jadi gak mungkin ada atm BCA plus bilik berAC. Akhirnya orang bawa duit cash bergepok-gepok, dan keluar dari sana bawa emas berkantong-kantong. Apesnya gw keluar masuk sana gak bawa ke dua barang tsb, yang ada bawa baju kotor. Jadi kalo sampe dijarah di tengah jalan, apes bener gw mokat demi baju kotor.

Daerahnya tandus, air bersih susah di sana. Biasanya gw bawa dirigen 30 liter air bersih yang kegunaannya dibagi dg ngisi air radiator, cuci mesin, mandi, gosok gigi, dan kakus. Ok itu gak sehari, kadang gw harus bermalam beberapa hari. Itu artinya gw gak mandi dan boker di hutan.

Seru loh boker di hutan! Kalo lu mulai jongkok biasanya kumbang sudah mulai berdatangan (gw jg gak tau kepentinganya apa kumbang sama kotoran gw), biasanya nyamuk hutan ikutan jongkok di pantat gw ngisapin pantat bau dengan nikmat. Nah kalo di tambah babi hutan nyeruduk dari belakang karena dikira ada babi lain muntah di wilayah dia, makin meriah deh.

Kalo tidur lain lagi ceritanya. Kadang-kadang lu bangun dan nemu bange uler cobra gak jauh dari tempat lu, dan lu bingung bagaimana masih bisa bangun pagi itu. Atau tidur dan keesokan paginya lu nemu serangga yang sama sekali belum pernah lu lihat seumur hidup. Kadang bagus, kadang.... lu gak tau kenapa Tuhan bisa ciptakan itu.

Gw baru balik dari neraka jahanam tsb kemarin subuh, langsung berendam dalam larutan detol antiseptik. Gitu jg baju-baju gw, kalo perlu ditambah sterilisasi sinar UV sekalian.

Ok, ini beberapa foto-foto yang gw suka capture kalo lagi kerja. Gak hanya di Pujon, tapi ada jg Kuala Kurun, Tewah, dll. Tolong dimaklumi, soalnya nubie ngambilnya pake kamera saku murahan.

salah-satu lokasi BTS

jangan tanya ini bangkai apa

kadang semut juga datang menemani

ganti oli aja jadi keren pas di foto

landscape Kuala Kurun


Pecahan batu yang terkerosi oleh air

gw juga belum pernah lihat sebelumnya ada laba-laba sebesar tarantula

saat senja tiba


All pic captured by Panasonix Lumix FS4
Powered by Android neXus one ™

0 comments:

Posting Komentar