Lebih "Berakar" dengan Android


Lanjut lagi kita ngomongin android. Mungkin banyak yang masih bingung dengan istilah-istilah di android, misalnya seperti android rooted dan unroot. Apa sih root itu?

Mirip seperti jailbreaking pada iPhone, "Rooting" pada umumnya adalah direktori paling dasar dalam sistem. Misalnya Root komputer kamu kemungkinan besar adalah C: drive. Ini sama halnya dengan di android mu jika di-root, adalah memanipulasi untuk "berakar" (rooted); masuk dalam sistem.

kegunaan root pada dasarnya memberikan akses superuser atas device tsb. Ini berarti memberikan tingkat tertinggi dalam penggunaan device kita. Yang paling sederhana kita merubah tampilan antar muka android. Mungkin mirip seperti mengganti themes, tapi sebenarnya tidak sesederhana itu karena perubahannya langsung dan menyeluruh pada sistem.


Empat alasan kenapa diperlukan rooting:

1. Improved Performance
Beberapa isu mendasar bagi orang-orang yang senang "ngoprek" adalah kinerja. Memang android, seperti kebanyakan device nya, cepat dan stabil. Hanya saja cepat bukan menjadi batasan yang cukup bagi sebagia orang. Sehingga munculah overclocking. Mungkin bagi pengguna Samsung Galaxy S dirasa tidak diperlukan overclocking mengingat prosesor Snapdragonnya berada di 1Ghz, tapi buat pengguna Samsung Spica dengan clock 800Mhz (yang masih harus sharing dengan vga) pasti perlu overclock untuk hasil yang signifikan.

2. More Application Choices
Platform Android memang dapat melakukan banyak hal. Namun, masih ada beberapa keterbatasan, dikarenakan sengaja dibuat baik oleh produsen atau mungkin oleh operator untuk melindungi keamanan device mereka. Salah satu batasan yang paling menjengkelkan adalah kurangnya kemampuan untuk mengambil screen shot. Rooted device akan menghilangkan keterbatasan tsb dan memungkinkan kamu memilih aplikasi yang lebih luas. Screen shot hanyalah sebagian dari banyak contoh apps. Ada firewall, backup, manajer file cache dan banyak lagi.

3. Breaking the Fragmentation
Keluhan utama dari banyak pengguna android adalah fragmentasi OS. Ada berbagai versi OS Android yang dikeluarkan dan digunakan. Ketersediaan sangat tergantung pada operator dan vendor device tsb. Rooting device akan memudahkan user untuk menggunakan ROM yang mencakup fitur terbaru, bahkan jika vendor mereka sendiri belum meng-update OS terbaru. Misalnya sampai saat ini belum ada versi froyo (droid OS 2.2) resmi untuk Samsung Spica. Dengan rooting, device dengan mudah mendapatkan modifikasi ROM untuk menggunakan versi froyo dari device tipe lain.

4. Options
Dengan rooting berarti menyediakan lebih banyak lagi pilihan untuk device kita. Misal gw ingin pilihan untuk menjalankan ROM custom yang gw merasa cocok dan lebih baik untuk kebutuhan saya daripada apa yang produsen device telah sediakan. Gw ingin pilihan untuk menjalankan device dengan kecepatan penuh, dsb. Intinya gw menuntut opsi untuk memiliki akses penuh ke perangkat yang gw beli. Ini adalah kekuatan yang nyata dari rooted device.

Gw menyimpan beberapa mod ROM, salah satu yang gw sukai CM6.1 dan Kang-o-rama 1, jg cadangan OS Android 2.1 tanpa mod di micro SD card. Just in case gw membutuhkannya sewaktu-waktu gw tidak perlu khawatir karena hanya semudah me-restore data dari mmc.


Disclaimer: untuk beberapa vendor rooting device akan menghilangkan garansi (kecuali Samsung, sudah dikonfirmasi bahwa rooted tidak menghilangkan garansi), juga merusak reputasimu sebagai anggota terhormat masyarakat dan mungkin bahkan menghina keluargamu *lebay*. Jadi baca dengan seksama terms and condition yang berlaku untuk device mu, khususnya soal rooting. Keputusan rooting merupakan tanggung jawab masing-masing pemilik device dan semua resikonya.




beberapa sumber.

0 comments:

Posting Komentar