24 Hour Analog Watch


Pertama kali, sewaktu menambahkan elemen jam di blog, saya sempat bingung dengan jam yang di tampilkan. Setelah mengamati dengan seksama, baru saya mengerti.

Ini jam 24jam, bukan seperti jam analog 12jam lainnya. Ok, bagi yang sudah tahu, tidak usah meneruskan membaca posting ini, lanjutkan dengan posting saya yang lain ;)

Analog 24jam tidak sama seperti 12jam yang memiliki interval 10strip setiap jamnya. Pada analog 12jam, dimulai dengan angka 12, dan diikuti angka 1, 2, 3, ... begitu seterusnya sampai kembali lagi pada angka 12 di atas. Jaran antara, 12 ke 1, ke 2, ke 3, ... adalah 10 strip/ 10 detik/ 10 menit.

Sedangkan pada analog 24jam, biasanya dimuali dari angka 24 (diatas), diikuti 1, 2, 3, ... begitu seterusnya. Yang berbeda adalah pada intervalnya. Dalam analog 24jam, interval setiap jamnya adalah lima strip/ lima detik/ lima menit -- setengah dari analog 12jam.

Sehingga saat jarum jam berada di setengah lingkaran sebelah kanan, menunjukan waktu 00 s/d 12 siang (AM). Sedangkan setengah lingkaran sebelah kiri, menunjukan pukul 12 s/d 24 (PM).

Jarum yang menunjukan menit maupun detik dalam analog 24jam tidak ada perbedaan dengan analog 12jam. Satu putaran penuh jarum menit menunjukan satu jam, dan satu putaran penuh jarum detik menunjukan satu menit.

Contoh, pada gambar jam di atas, menunjukan pk 09:48:10 AM. Sedangkan jika sekilas (paradigma analog 12jam), gambar tsb menunjukan pk 04.48.10 (AM/PM??)

Apakah sistem analog 24jam dapati diterapkan pada analog 12jam?

Awalnya saya pun berpikir demikian. Namun sayangnya tidak bisa. Dalam analog 12jam, saat jarum menit menyelesaikan satu putarannya, jarum jam pun bergeser 10 strip, yang itu berarti dua jam dalam analog 24jam.

Hm sebenarnya saya juga lagi nyari jam tangan analog 24jam. Ada yang bisa kasih informasi?

1 comments:

Anonim mengatakan...

idem,
saya juga lagi hunting jam model begini.
ada tapi yang rusia, harganya MANTAB

Posting Komentar