tRAGEDI (sebuah tRILOGI)

tRAGEDI ULAT DI PIRING

Hari ini saya dibangunkan dengan mimpi yg tidak beretika. Itu mimpi benar-benar keterlaluan, bukannya jadi kembang tidur, ini malah bikin buang air! Saya mimpi banyak ulet di piring makan saya! Sumpah banyak bangat!!! Sangkin banyaknya, mau muntah tiap ingat!

Sebenarnya sih bukan hal yg mengherankan, karena memang saya alami hal ini beberapa hari yg lalu. Tepatnya hari Rabu. Rabu yg naas....

Seusai mengurus pembayaran kuliah adik saya yg cewe, saya beranjak menuju mall Citra Land(CL). Selain untuk membeli kebutuhan sandang-pangan buat anak-anaknya (baca: hamster please) Richard, adik saya, kami berencana untuk makan siang, dan menunggu adik saya yg cewe di CL. Sebenarnya adik-adikmu ada berapa sih?!

Banyak. Adik-adik saya ada empat, cewenya satu. Kalo kamu adiknya ada berapa? Btw gak penting deh buat bahas adik-adik disini.

Ya sudah kalo gitu, lanjut lagi. Akhirnya saya dan Rido memutuskan untuk makan di Tenda Biru. Tempat makan yg menyediakan masakan B2 -- dan ternyata gak hanya B2 aja. Sampai disana, saya memesan nasi, sayur kylan, dan kuping. Makna dengan lahap tanpa ada feeling jelek.

Eh lagi enak-enak makan (sebenarnya gak enak-enak bangat), sekelebat bayangan yg tidak diinginkan ada di sendok saya. Awalnya saya sudah gak ambil pusing. Pikir saya, 'ah pasti ini potongan jagung muda (yg biasa dibikin sayur tuh)'.

Cuma pikiran yg lain nimpalin, 'loe kan mesen kylan, mana ada sayur jagung muda??!'.

'Iya juga ya'.

Akhirnya percakapan dalam pikiran yg hanya terjadi se per ratus detik, membuat saya menghentikan sendok yg tinggal beberapa inci dari mulut, untuk memeriksa isi sendok tsb. Eh ternyata benar loh! Isi sendoknya ada ulet (atau yg diduga ulet) yg gak tau diri ngumpet di balik sayur!

'Masa sih itu ulet? Kok gak bergerak gitu??'

'Ya sudah mati dodol!!'

'Kalo gitu gak ada salahnya kan dimakan, kan sudah dimasak?'. Bener jg sih, kan sudah masak ya.

Dodol....

Akhirnya saya singkirkan tuh ulet dari sendok. Nah disini ada nih fotonya tuh ulet (habis juga nasinya??! Ck ck ck.....) Saya sengaja nyimpan nih foto buat meras Tenda Biru (apa bisa kalo dengan piring kosong gitu?? Nanti dikira doyan lagi?!) huehuehue. Jadi bagi rekan-rekan yg makan di Tenda Biru Tanjung Duren IV, waspadalah! Waspadalah!! Wasalam!!! Peringatan bagi temanku. Apa lagi dia yg suka makan disini kan ^^












tRAGEDI IMLEK

Selain tragedi ulet tsb, ada juga kejadian tragis lainnya. Kali ini terjadi pas Imlek kemarin. Ow iya, bagi yg ngerayain imlek, saya ucapka, selamat tahun baru ya. Semoga tahun ini membawakan rejeki bagi kita semua. Amin.

Ok, saya memang ikut senang kalo imlek -- bukan, bukan karena gw cina. Buta yg bilang gw cina -- tapi ada jg yg buta. Kenapa senang? Soalnya kalo imlek itu pasti hujan hehehe. Cuma jeleknya, mall tuh jadi rameeeee bangat!

Ngomong-ngomong soal buta, ternyata ada juga yg buta (bilang gw cina.red). Ini awal mula tragedi Imlek kemarin.

Sewaktu saya di ambil duit di atm CL. Rencananya, saya dan adik-adik saya mau makan malam di CL sambil ngerayain imlek (biar ngerayain, tapi gw bukan cina yak). Ada anak-anak cewe, masih kecil, yg berdiri disamping saya sambil ikutan liat ke layar atm. Dengan sok akrab.

Buseet!! Anak siapa nih?? Rasanya gw gak hamilin siapa-siapa deh?! Ok gw memang hamilin. Tapi hamster, bukan orang.

Udah gitu tuh anak-anak jadi sok akrab gitu ma gw,

"Om ambil berapa?"

"Hehehe...." sambil nyengir kuda.

"ambil 500 ribu aja om!", timpal temannya yg satu lagi. "buat bagi-bagi ke kita juga".

"Hehehehehehe......" kali ini nyengirnya makin lebar, udah gitu makin panjang ketawanya.

Gw berusaha menyelesaikan transaksi secepat yg gw bisa. Takut kalo gw salting, bisa-bisa ayan gw kambuh nih -- btw kok asbun gini?! Jadi gw-loe??!

Setelah menyelesaikan transaksi, saya buru-buru pergi. Takut kalo duit yg baru saya ambil diminta semua -- dia pikir angpo??! Dan lagi gw bukan cina!

Eh itu anak-anak masih ikutin saya -- tepatnya kami (saya dan ade-ade.red)!

"Om orang kaya ya?"

Ugh, pertanyaan yg gini-ini bikin dilema. Bukan karena saya tergoda untuk jawab 'ya'. Bukan jg karena saya benar-benar kaya. Dengan jelas terlihat bahwa mereka adalah anak-anak jalanan yg biasa mangkal di halaman CL. Dan ini bikin suasana gak enak.

Jurang kesenjangan tiba-tiba terbayang jelas dimata saya saat itu. Saya jadi terdiam pilu. Hiruk-pikuk disekitar saya mengabur, bergerak lambat. Saya sudah berniat, memutar balik untuk mengajak mereka ikut makan. Walopun mereka bukan cina, dan saya juga bukan cina tentunya, tapi kan tidak ada salahnya kalo mereka ikut menyicipi kemeriahan Imlek tahun ini. Namun hal tsb batal karena sejurus kemudian,

"Om..."

Gile, masih aja ngikutin gw!!

"Om, orang cina ya?"

??? HUAGAGAGGAGAGAGGAA.....HAHAHHAHAHAHA............
Sumapah! Gw ngakak keras bangat!!! Ade-ade gw jg ngakak keras bangat. Gile tuh anak-anak!! Buta kali, bilang gw cina?! Udah belo', kriting, item gini dibilang cina?? Gimana kalo gw putih sipit?!

Kami yg berada di hall utama CL sontak menjadi perhatian orang-orang yg ada disitu -- belum lagi ada acara di situ. Udah gitu, adik saya, Richard -- yg masih terbawa eforia -- menirukan pertanyaan anak tadi ke saya dengan suara keras. Ya, dengan suara keras. Sehingga orang-orang bisa dengar dia dengan jelas....

Sambl ngakak-ngakak, berusaha menirukan suara anak cewe tsb, "OM, OM.. OM ORANG CINA YA?". Sejurus kemudian cuma dia yg ketawa. Lebar bangat. Tanpa ada suara.

Semua mata mengarah ke dia....

Loe tau kan ini lagi imlek? It's mean banyak orang merayakannya di mall. It's mean termasuk di CL. It's mean cuma kita sendiri yg berwarna kulit gelap dikrumunan orang-orang ini. It's mean.... nightmare.

Suasana langsung senyap gitu (atau cuma perasaan gw aja). Kita langsung cepat-cepat jalan, sambil berharap, kami tidak di bacok sepulang dari sini.

(tRAGEDI BAGI YG SINGEL)

Lucunya, hari ini kakak kelas saya di SMU, akan menikah. Kenapa lucu? Soalnya saya masih ingat, dulu sewaktu masa smu, kita suka bercanda rasis gitu (ini benar-benar bercanda ya, gak ada maksud apa-apa). Yah, u knowlah, bercandaan SMU itu kan kadang suka gak meaning.

Jadi kalo saya nyapa dia, 'oi, cina!', biasanya dia nyahut, 'apa loe jawa?!'. Soalnya waktu itu latah sinetronnya Sandy Nayoan(Lupa judulnya). Itu sudah bertahun-tahun yg lalu. Ok, itu cuma 9tahun yg lalu.

Lucunya ini blog kira-kira buat dia.

Lucunya lagi, dia menikah sama orang jawa. Tapi bukan gw orangnya lah.

Dengan ini juga saya mengucapkan selamat menempuh hidup baru ya Serlie -- waduh aku lupa nama pasanganmu loh?? Sori dikarnakan satu dan lain hal saya gak bisa datang hiks.



Memang aku bukan orang cina, tapi aku juga bukan jawa
Mereka memang sipit, tapi mereka bukan orang cina
Siapapun yg merayakan Imlek
Kami semua orang Indonesia
Kami mungkin tidak sama, namun ibu kami satu
Ibu Pertiwi, Indonesia Raya

Bunga Spiring telah mekar... selamat tahun baru sahabat

0 comments:

Posting Komentar