Cerita-Cerita Soal Kost 2


Ngomongin soal kost, gw sempat pindah 7 X sebelum akhirnya nyewa rumah. Kost ke dua gw setelah pindah dari Bogor, di Kwitang, dekat kampus gw. Cuma sebulan gw di sana, karena gak ada tempat parkir dan kamarnya panas bangat.

Dari sana gw pindah ke Karet, belakang Atmajaya Semanggi. Gw sempat lupa di mana sebenarnya gw kuliah, soalnya lebih banyak nongkrong di kantin atma ketimbang di ruang kelas Salemba (soalnya ceweknya lebih cakep di Atma *kalem*). Total ada 300an kamar di sebidang tanah sempit. Bahkan gang gw sama sekali gak pernah terkena sinar matahari. Dan kiri-kanan gw bispak semua. Sayang waktu itu gw belum bandel *eh*

Gw cuma tahan beberapa bulan di sana, soalnya mahal. Uang saku gw nombok terus, pacaran jg gak afdol, cuma bisa makan di warteg hiks. Dari sana gw pindah kost ke Rawamangun, belakang RS Persahabatan.

Nah yang di sini asik bangat, soalnya yang punya orang kaya lama. Karena rumahnya besar jadi sebagian bangunannya disewakan. Kost ini sendiri terpisah dari rumah induk. Bangunannya sendiri punya ruang tamu, ruang makan, 2 buah kamar mandi dan 4 kamar. Ditambah taman pada bagian belakang rumah. Tiga tetangga gw sudah bekerja semua. Sering bangat mereka tugas di luar kota sehingga tuh kost berasa rumah kontrakan sendiri. Afdol bangat buat tempat pacaran *oopps*

Dari sana gw pindah ke Tanjung Duren. Gw pindah karena pemilik rumahnya meninggal dan rumahnya jadi rebutan anak-anaknya. Sedih bangat tuh kejadiannya.

Di Tanjung Duren gw satu kamar berdua dengan ade gw Richard, ada Rico dan Jefry yang beda kamar dengan gw. Ada juga tante dan om yang ngurusin rumah. Nah ini sebenarnya rumah kenalannya Jefry, cuma karena dia disuruh ngurusin, termasuk bayar listrik dan air, makanya dia ngajakin kita untuk tinggal di sana. Niatnya untuk suruh kita bayar *eh*

Rumahnya guedeee bangat! Total ada 4 kamar dan kamar gw yang paling besar, ukuran 6X7 meter. Gw bisa salto 3X di situ. Emang kurang kerjaan sih. Pokoknya luas deh. Semua kamar pake AC pula. Ada kolam renang di bagian belakang. Masalahnya dari kita berempat gak ada yang suka berenang, jadinya dialihfungsikan jadi kolam ikan.

Nah ruang serbagunanya di lantai bawah dan atas sering dijadiakn tempat komsel/persekutuan. Ruang tamunya jadi ruang tunggu komsel. Sangkin ramenya tuh tempat buat komsel sampai ada loh jadwal komselnya!

Halaman depan luas. Di depan garasi yang mampu nyimpan dua mobil sekaligus (dan biasanya mobil gw yang punya hak istimewa parkir di sana) dijadikan kantin untuk berjualan makanan. Di sisi lain halaman muka biasanya buat nyimpan mobil yang lain.

Di sana gw langsung gendut! Gimana enggak, pas lapar tinggal turun ke bawah. Pas haus tinggal buka kulkas ambil teh botol. Bosen tinggal ngesot, sampe deh ke mall Citra Land. Mana banyak bangat yang jualan makanan. Dari yang halal sampe yang haram, ada semua.

Gw lama tinggal di situ, sampai yang punya rumah mau pakai untuk dijadikan kantor, jadinya kita ngungsi berjemaah. Entah karena sudah terbiasa bareng, kita berempat jadi satu kost lagi di Gang Alpukat 10. Di sini juga lama, hampir setahun. Gw pertama kali kerja beneren pas ngekost di sini. Berkesan karena sering bangat liat yang bening-bening nyelonong pake handuk doang *godaannn besarr!*

Dari situ gw sempat pindah ke Rawa Mangun, sebelum akhirnya pindah ke Bali *mau ngekost aja jauh bangat*

Di Bali gw ngekost juga *tuh kan*. Di sini jauh lebih murah. Gw pernah ditawarin ngontrak rumah 1,5jt/bulan sudah lengkap dengan ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi, garasi (walaupun gak pake mobil), tv kabel, prabotan, kulkas, ac; pokoknya lengkap deh. Apa lagi design komplek rumahnya (yang cuma ada 4 rumah) keren bangat, ala tradisional moderen gitu.

Sayang pendapatan gw masih belum jelas saat itu, jadi gw ngekost aja. Dengan IDR350.000 dapat kamar luas bangat! Kayak flat gitu. Ada balkonnya pula. Menghadap hutan *krik, krik...* Belakangan gw baru tahu kalo itu murah karena ada hantunya. Kentang.

Antara ngekost dan punya rumah sendiri punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Satu yang gw suka dari kost adalah lu bisa interaksi dengan orang lain. Ngbrol dsbnya. Saat lu butuh privasi lu tinggal masuk kamar aja. Walaupun masih kurang tapi di situ serunya. Saat lu masuk lu tinggal terima beres. Semua sudah ada. Tinggal bawa badan, baju dan duit. Kekurangannya kebebasan lu hanya sejauh aturan inang/pemilik kost. Kalo pemiliknya asik, penghuni tenang. Kalo pemilik rese, penghuni resah.

Sedangkan rumah sendiri asiknya lu bisa keluar kamar masuk dapur, atau nonton tv dengan bugil. Eh, itu bukan keuntungan ya? Maksud gw privasi lu benar-benar ada. Lu mau bawa masuk cewek kek, narkoba kek, uler kek, gak ada yang larang sejauh gak mengganggu tetangga. Kekuranganya kalau lu cuma sendiri itu benar-benar membosankan. Selain sama tembok, lu cuma bisa ngobrol sama tv. Dan yang paling minus bagi gw, gak ada yang bersihin WC dan kamar gw!

Bagaimana dengan lu?

1 comments:

Miss Ine mengatakan...

Dulu kost dibelakang RS Persahabatan ya dimananya ya? Lagi cari kos daerah rawamangun nih :)

Posting Komentar